Delegasi Maktab Ketahanan Nasional Malaysia Kunjungi Lemhannas RI

Dipimpin oleh Mayjen Dato’ Hj Md Yusof bin Azis, sebanyak 29 orang delegasi Maktab Ketahanan Nasional Malaysia melakukan kunjungan ke Lemhannas RI, Rabu (5/1). Tujuan kunjungan tersebut adalah agar delegasi Maktab Ketahanan Nasional Malaysia dapat belajar dan berdiskusi bagaimana Lemhannas RI berkontribusi pada negara. “Tujuan lawatan kita kesini adalah sebagai study visit, kita ingin membuat comparative study” jelas Yusof.

Maktab Ketahanan Nasional Malaysia merupakan bagian dari National Resillience College (NRC) Malaysia. NRC sendiri merupakan bagian dari Pusat Pengajian Pertahanan Nasional (Puspahanas). Di bawah Puspahanas, NRC Malaysia memiliki 3 Maktab yakni Maktab Ketahanan Nasional, Maktab Pertahanan Angkatan Tentera, dan Maktab Turus Angkatan Tentera.

Pada kesempatan tersebut, Tenaga Profesional Bidang Geopolitik dan Geografi Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) Endang Hairudin, S.H., M.A. memberikan penjelasan mengenai Lemhannas RI. Endang membuka paparannya dengan menjelaskan bahwa Lemhannas RI adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bertanggung jawab langsung pada presiden. “Lemhannas dipimpin oleh seorang Gubernur,” jelas Endang.

Lebih lanjut Endang menyampaikan visi dan misi Lemhannas RI. “Visi Lemhannas RI yakni Menjadi Lembaga yang Berkualitas, Kredibel, dan Berkelas Dunia dalam Bidang Ketahanan Nasional,” papar Endang. Kemudian Endang menjelaskan bahwa visi tersebut didukung oleh 3 misi, yakni Mewujudkan Kader Pimpinan Tingkat Nasional yang Berdaya Saing, Berkarakter Kebangsaan, Demokratis, dan Mampu Berperan dalam Pergaulan Dunia Internasional melalui Pendidikan, kemudian Memberikan Masukan Pemerintah dalam Pengambilan Kebijakan Internasional, Regional, dan Nasional melalui Pengkajian Strategis, serta Mewujudkan Komponen Bangsa yang Berkarakter Kebangsaan sesuai Empat Konsensus Dasar Bangsa melalui Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan.

Endang juga menjelaskan jenis pendidikan yang diselenggarakan Lemhannas RI, yaitu Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA), Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA), dan Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA). Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749