Lemhannas RI Siap Terima Tim Pemeriksaan LKKL Tahun 2019

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo didampingi sejumlah pejabat Eselon I dan II Lemhannas RI menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2019 di Lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) I bertempat di Auditorium BPK RI, Jumat (31/1).

“Tim pemeriksa dari BPK RI memiliki tanggung jawab yang berat untuk dapat melaksanakan tugas kenegaraan tersebut, karena akan dipertanggungjawabkan kepada rakyat melalui DPR,” ujar Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Oleh karena itu, Agus mengharapkan seluruh pihak yang menjadi objek pemeriksaan BPK RI menyediakan dokumen dan informasi yang menjadi lingkup pengujian guna mendukung kelancaran pemeriksaan. Kelancaran pemeriksaan tersebut dapat mendukung kinerja BPK RI dalam memberikan opini secara tepat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Agus juga menyampaikan bahwa dalam proses pemeriksaan, tentu akan ada dinamika antara tim pemeriksa BPK RI dengan pihak Kementerian/Lembaga objek pemeriksaan. Menurut Agus, penting menjalin kerja sama dan koordinasi yang sebaik-baiknya guna menjalin hubungan yang harmonis dan mengedepankan independensi. “Mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang baik merupakan salah satu unsur tata kelola pemerintahan yang baik,” tegas Agus.

Selanjutnya, Agus juga meminta para pimpinan kementerian/lembaga objek pemeriksaan dalam setiap klarifikasi/pembahasan materi untuk memberikan porsi pertama dalam menanggapi temuan pemeriksaan dengan bukti-bukti yang sah dan valid yang didasarkan pada kriteria pokok sebagai landasan hukum, sehingga mempercepat tindak lanjut dan penyelesaiannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 “Dalam pelaksanaan pemeriksaan, entry meeting adalah tahap penting. Bahwasanya komunikasi audit merupakan salah satu standar, maka perlu melakukan kegiatan ini,” ujar Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Bidang Polhukam Dr. Hendra Susanto S.T., M. Eng., M.H., CfrA., CSFA.

“Harapan saya dalam pemeriksaan BPK tahun ini, komunikasi antarpemeriksa dan semua pihak dapat berjalan dengan baik, sama-sama menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan kewenangan masing-masing,” lanjut Hendra. Tidak lupa Hendra juga menghimbau setiap pihak untuk saling bersinergi demi terus melakukan perbaikan pengelolaan keuangan negara demi kemajuan bangsa dan negara dengan tetap memperhatikan nilai-nilai integritas, independensi dan profesionalisme. Kemudian Hendra mengajak semua pihak berkomitmen untuk bekerja sama dalam tugas masing-masing dengan menjaga jadwal pemeriksaan dapat terlaksana tepat waktu serta akses data dan dokumentasi agar diberikan seluas-luasnya.

Kegiatan Pemeriksaan LKKL Tahun 2019 secara umum akan dilaksanakan mulai 6 Januari 2020 hingga 20 Mei 2020. Dimulainya kegiatan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Tugas Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Tahun 2019 oleh Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Bidang Polhukam Dr. Hendra Susanto S.T., M. Eng., M.H., CfrA., CSFA kepada Gubernur Lemhannas RI dan seluruh Pejabat Kementerian/Lembaga di Lingkungan AKN I.

Entry meeting tersebut dihadiri Pejabat Kementerian/Lembaga di Lingkungan AKN I yakni Sekretaris Menko Polhukam, Kepala BNPT, Sestama Bakamla, Sesjen Wantannas, Ketua Komnas Perempuan, Kepala BSSN, Kepala BNN, Kepala Basarnas, Kepala BMKG, Ketua KPU, dan Kepala Bawaslu.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749