Outbound PPRA 60 Tingkatkan Solidaritas dan Soliditas Peserta

Setelah mengikuti orientasi selama 2 minggu, para Peserta PPRA 60 akan menjalani masa kegiatan di luar kampus (off campus) namun sebelumnya para Peserta PPRA 60 melaksanakan kegiatan outbound terlebih dahulu. Kegiatan outbound tersebut dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai Senin (3/2) hingga Rabu (5/2) bertempat di Cikereteg, Bogor, Jawa Barat.

“Kegiatan outbound yang akan peserta ikuti adalah suatu kegiatan di alam terbuka yang bertujuan untuk lebih meningkatkan rasa kekompakan dan kebersamaan sesama peserta,” kata Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Dr. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. yang membacakan sambutan Gubernur Lemhannas RI pada Upacara Pembukaan Outbound PPRA 60. Lebih lanjut Iriawan menyampaikan bahwa rasa kekompakan dan kebersamaan tersebut akan mewujudkan hubungan personal yang kuat di antara peserta dan diharapkan akan tumbuh hingga para peserta selesai mengikuti pendidikan di Lemhannas RI.

Iriawan juga mengingatkan bahwa selama kegiatan outbound peserta akan diberikan persoalan berupa tantangan-tantangan yang harus diselesaikan yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental para peserta. “Laksanakan kegiatan outbound dengan semangat dengan tetap memperhatikan faktor keamanan,” lanjut Iriawan. Iriawan juga mengimbau para peserta untuk mewujudkan solidaritas dan soliditas di antara para peserta selama mengikuti outbound.

Kegiatan outbound PPRA 60 bertujuan untuk menumbuhkan rasa kedekatan dan keakraban peserta satu sama lain atau antar individu, menghilangkan hambatan-hambatan personal, meningkatkan jiwa Nasionalisme dengan 4 Konsensus Dasar Bangsa yakni NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika. Diharapkan peserta dapat memiliki pola pikir yang visioner, menjadi negarawan yang baik seperti tokoh-tokoh pahlawan dunia, dan memiliki kemandirian yang didominasi oleh faktor ekonomi.

Dalam kegiatan outbound tersebut, Peserta PPRA 60 juga dilatih untuk mempraktekkan kerja sama secara terpadu yang pelaksanaannya meliputi unsur perencanaan (plan), pelaksanaan (do), pengecekan (check), dan tindak lanjut (action). Kemudian meningkatkan kedisiplinan, ketelitian, dan ketepatan waktu sesuai dengan prinsip QCDSM (Quality, Cost, Delivery Time, Safety, Moral).

Pada hari pertama, Peserta PPRA 60 mengikuti kegiatan dengan materi mental block, personal block, 8 wheel of live dan motivasi “Leadership Character Building”. Kemudian para peserta mengikuti kegiatan teamwork management, energizer, review program, dan sharing knowledge. Kegiatan pada hari kedua adalah kegiatan dengan materi risk management, visionary leadership dan teamwork, problem solving dan creative thinking, powerful leaders, dan dream chart serta self reflection. Hari terakhir outbound diisi dengan synergy team building yakni kegiatan rafting, kemudian commitment building dan evaluasi program.

Menutup kegiatan outbound, dilaksanakan Upacara Penutupan Outbound PPRA 60. Pada kesempatan tersebut, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Karsiyanto, S.E. menyatakan bahwa ada beberapa makna yang harus diambil oleh peserta. Beberapa makna tersebut adalah seorang pemimpin senantiasa harus memiliki kondisi yang prima, semangat juang yang tinggi, penuh ide dan kreasi dalam keadaan sesulit apa pun. Karsiyanto juga menekankan bahwa sebagai seorang pemimpin tidak boleh menyerah terhadap kesulitan yang dihadapi dan harus mampu mempengaruhi lingkungannya dengan semangat untuk mencapai tujuan. Makna lain yang dapat diambil peserta dari kegiatan ini adalah terbangunnya sikap loyalitas, setia kawan, jujur, peduli dan senantiasa mengedepankan pengabdian dan kerja sama, karena dengan demikian segala persoalan akan dapat diselesaikan.

“Semoga keberhasilan pelaksanaan kegiatan outbound ini dapat menghasilkan dampak yang nyata bagi para peserta sehingga tercipta hubungan emosional yang kuat saling pengertian, semangat integrasi, soliditas dan kebanggaan di antara peserta,” tutup Karsiyanto.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749