Gubernur Lemhannas RI Pimpin Upacara Bendera Pertama di Tahun 2020

Lemhannas RI di tahun 2020 kembali melaksanakan upacara bendera rutin bulanan bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, Jumat (17/01). Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo bertugas sebagai Inspektur Upacara. “Semoga Tahun 2020 dapat memberikan inspirasi sekaligus momentum untuk senantiasa berkarya dan berkinerja lebih baik lagi kepada bangsa dan negara,” ujar Agus membuka amanatnya setelah mengucapkan selamat natal bagi personel Lemhannas RI yang merayakan dan selamat tahun baru bagi seluruh personel Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga menjelaskan bahwa upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap bulan merupakan salah satu wadah komunikasi bagi pimpinan dengan seluruh warga Lemhannas RI. Upacara bendera rutin bulanan juga merupakan kesempatan untuk berbagi informasi terkait dengan berbagai dinamika lingkungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta informasi terkait dinamika kelembagaan.

Agus juga mengingatkan seluruh personel Lemhannas RI bahwa pada 23 September 2020 akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak. “Sebagai aparat pemerintahan, saya mengingatkan agar segenap jajaran Lemhannas RI dapat cerdas dalam menyikapi suhu politik,” ungkap Agus. Lebih lanjut Agus mengimbau seluruh anggota Lemhannas RI agar selalu bersikap waspada menerima informasi yang tidak bisa diverifikasi kebenarannya. Lemhannas RI adalah sebuah lembaga independen sehingga tidak terlibat dalam politik praktis yang mendukung salah satu kandidat tertentu.

Kemudian Agus juga menyampaikan hal yang terkait dengan kelembagaan yakni realisasi anggaran pada tahun anggaran 2019 sebesar 98,24%. Atas hal tersebut, Agus mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi usaha serta upaya maksimal seluruh anggota dalam pencapaian realisasi program kerja dan anggaran tahun 2019. Selain hal tersebut, Agus mengingatkan bahwa Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional akan membuka Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 60 pada tanggal 21 Januari 2020 yang kemudian akan berlangsung selama 7 bulan. “Kepada unit kerja terkait agar segera mempersiapkan infrastruktur operasional guna mendukung PPRA 60,” lanjut Agus.

Sejalan dengan Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan akan mengadakan Pemantapan Nilai-Nilai bagi Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) pada tanggal 27 Januari hingga 2 Februari 2020. Agus juga mengingatkan pentingnya meningkatkan kewaspadaan karena perkembangan lingkungan strategis terus bergerak secara dinamis dan akan selalu ada hal-hal yang perlu mendapatkan pengkajian.

Momen upacara tersebut juga menjadi momen Lemhannas RI untuk memberikan penghargaan kepada salah satu anggota satuan keamanan yakni Ramadani atas kewaspadaannya sehingga mencegah terjadinya kerugian. Selain hal tersebut, Lemhannas RI juga memberikan bantuan berupa sembako kepada personel Lemhannas RI yang menjadi korban banjir. “Atas bencana banjir yang menimpa saudara-saudara, saya selaku pribadi dan Gubernur Lemhannas RI turut prihatin. Semoga kondisi cuaca dapat segera pulih dan musibah banjir segera dapat diatasi,” ungkap Agus.

Upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap bulannya tersebut diikuti oleh Wakil Gubernur, Sekretaris Utama, Tenaga Pengajar, Tenaga Pengkaji, Tenaga Profesional, Pejabat Struktural Lemhannas RI dan seluruh personel Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749