Cetak

Pembekalan Pengenalan Lembaga Bagi CPNS Lemhannas RI

Lemhannas RI menyelenggarakan Pembekalan Pengenalan Lembaga bagi para CPNS Lemhannas RI tahun Penerimaan 2018 di Ruang Syailendra, Gedung Astagatra, Lemhannas RI, Kamis (28/3). Pembekalan tersebut diberikan oleh Staf Sub Bagian Informasi dan Dokumentasi, Bagian Penerangan Lemhannas RI, Ni Made Vira Saraswati.

Dalam paparannya, Vira menjelaskan bahwa Lemhannas didirikan pada 20 Mei 1965 yang secara konsepsional dilatarbelakangi oleh adanya situasi politik nasional dan internasional yang menyebabkan beberapa kalangan terutama kalangan TNI yang merasa bahwa kehidupan berbangsa saat itu terancam dengan adanya ideologi komunis.

Lemhannas RI, jelas Vira, pada awalnya dibentuk untuk mendidik dan mempersiapkan calon pemimpin nasional dari militer maupun non militer untuk menjaga keutuhan NKRI dan juga diharapkan dapat membina para calon pemimpin agar tujan nasional dan cita-cita kemerdekaan bangsa dapat dicapai serta tidak terpengaruh dengan ideologi komunis.

Vira kemudian mengatakan bahwa Lemhannas RI memiliki visi menjadi lembaga yang berkualitas, kredibel, dan berkelas internasional dalam bidang ketahanan nasional. Lemhannas memiliki fungsi untuk melaksanakan pendidikan nasional bagi para calon pimpinan tingkat nasional, melaksanakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan, dan melakukan pengkajian strategik.

Di akhir paparannya, vira menyebutkan bahwa Lemhannas RI merupakan Lembaga sipil yang terdiri dari tiga unsur yaitu Sipil, TNI dan Polri. Maka dari itu, para CPNS diharapkan mampu menyesuaikan dengan budaya organisasi yang ada. “Diharapkan para CPNS dapat menyesuaikan dengan budaya organisasi yang berbeda antara TNI, Polisi, dan PNS karena pada dasarnya kita semua ingin memajukan Lemhannas RI,” jelas Vira.

Pembekalan yang diikuti oleh 57 orang CPNS tersebut kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai Lemhannas RI secara lebih mendetail.