Lemhannas RI Selenggarakan Musyawarah Perencanaan Agar Capai RKA-K/L yang Berkualitas

Sejumlah pejabat eselon I, II, III, dan IV Lemhannas RI bertolak ke Bogor untuk melaksanakan Musyawarah Perencanaan Lemhannas RI Tahun Anggaran 2019, Rabu (4/12) sampai Jumat (6/12). Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan tersebut berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (UU SPN) yang mengatur mengenai proses penyusunan rencana pembangunan jangka panjang, menengah, dan pendek (tahunan) harus melalui penyelenggaraan Musrenbangnas (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional).

Musyawarah Perencanaan Lemhannas RI adalah sebuah forum musyawarah antar pemangku kepentingan yaitu pimpinan Lemhannas RI, dengan para pimpinan unit kerja dan para perencana dengan melibatkan kementerian mitra yaitu Kemenkeu dan Bappenas sebagai supervisor dalam rangka menyusun rencana kerja dan anggaran masing-masing unit kerja Lemhannas RI sehingga dokumen RKA-K/L (Rencana Kerja Anggaran-Kementerian/Lembaga) yang dihasilkan berkualitas sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah dan arah kebijakan Gubernur Lemhannas RI.

Penyusunan RKA-K/L Lemhannas RI T.A. 2021 menggunakan pendekatan paradigma “HITS” yakni holistik, integratif, tematik, dan spasial sehingga RKA-K/L yang tersusun dapat berkualitas dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan. Selain menggunakan paradigma “HITS”, penyusunan RKA-K/L yang berkualitas harus memperhatikan beberapa hal, yakni arah kebijakan pemerintah, arah kebijakan pimpinan Lemhannas, Standar Biaya Masukan, Standar Biaya Masukan Lainnya, Standar Biaya Keluaran Khusus, Bagan Akun Standar, Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L, Hasil Reviu Kerangka Pembangunan Jangka Menengah (KPJM) dan Angka Dasar (Baseline), termasuk realisasi pelaksanaan anggaran Tahun 2019 serta kebijakan pemerintah lainnya yang terkait.

Musyawarah Perencanaan Lemhannas RI kali ini juga dihadiri oleh beberapa narasumber dari luar Lemhannas RI. Narasumber pertama adalah Kepala Seksi Anggaran bidang Politik, Hukum, Hankam dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara DJA Kemenkeu RI Nur Endah Subandari, S.TP., M.M. yang menyampaikan strategi peningkatan anggaran program/kegiatan dan inisiatif baru T.A. 2021. Kemudian hadir pula Kasubdit Pengembangan Ketahanan Negara Bappenas RI Bapak Ir. Gunarta, M.E yang menjelaskan mengenai strategi peningkatan program prioritas Lemhannas RI dalam rangka mendukung RPJMN 2020-2024. Narasumber ketiga yaitu Dr. Nugroho Ananto itu dari Direktur PT. Sinergi Pakarya yang menyampaikan rencana aksi transformasi Lemhannas RI menjadi pusat layanan unggulan bidang ketahanan nasional.

Dalam sambutan Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. yang dibacakan oleh Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Karsiyanto, dituliskan bahwa tema kerja sama sangat cocok dengan kondisi Lemhannas RI saat ini. “Kita semua menginginkan Lembaga ini mampu meraih prestasi baik ditingkat nasional maupun global,” kata Karsiyanto. Lebih lanjut Karsiyanto menjelaskan bahwa pada tingkat nasional diharapkan Lemhannas RI mampu berprestasi di antara Kementerian dan Lembaga lainnya dengan tetap meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK dan penilaian kinerja pelaksanaan anggaran dari kementerian keuangan berada dalam peringkat tiga besar di antara lembaga pemerintah non kementerian. Sedangkan pada tingkat global, Lemhannas RI diharapkan dapat menjadi pusat layanan unggulan yang berkualitas dan kredibel dalam bidang ketahanan nasional.

“Hal penting yang perlu saya sampaikan dalam kegiatan ini adalah perlu meninggalkan cara-cara lama dalam perencanaan,” lanjut Karsiyanto. Kemudian Karsiyanto menegaskan bahwa di Era 4.0 yang semakin kompetitif, Lemhannas RI harus mewujudkan perencanaan yang lebih komprehensif melalui ide-ide baru, inovasi dan kreativitas. Namun dalam pelaksanaannya tidak boleh menyampingkan semangat efektivitas dan efisiensi sehingga diharapkan perencanaan Lemhannas RI ke depannya akan lebih berkualitas dan berhasil guna.

Berlangsung selama 3 hari, Musyawarah Perencanaan Lemhannas RI mengangkat tema “Kerja Bersama Mewujudkan Usulan RKA-K/L dan Kegiatan Inisiatif Baru Lemhannas RI T.A. 2021 yang Berkualitas”, Musren Lemhannas RI Tahun 2019 dimaksudkan dalam rangka koordinasi antar unit kerja untuk penyusunan RKA-K/L Lemhannas RI T.A. 2021 dengan tujuan terwujudnya dokumen Usulan RKA-K/L dan Kegiatan Insiatif Baru Lemhannas RI T.A. 2021 yang berkualitas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Materi yang diangkat dalam Musyawarah Perencanaan Lemhannas RI antara lain adalah Strategi Peningkatan Anggaran Program/Kegiatan dan Insiatif Baru Lemhannas RI TA. 2021, Strategi Peningkatan Program Prioritas Lemhannas RI dalam Rangka Mendukung RPJMN 2020-2024, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kinerja dan Anggaran Lemhannas RI, Transformasi SDM Perencana dalam Manajemen Perubahan 4.0, serta Roadmap Pengembangan SDM Lemhannas RI menuju SDM Unggul.

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749