Cetak

Lemhannas RI Gelar Pelatihan Powerpoint “Melukis dengan Hati”

Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI menyelenggarakan Pelatihan Powerpoint dengan tema “Melukis dengan Hati” di Ruang Airlangga, Gedung Astagatra, Lt. III, Lemhannas RI, Selasa (14/3). Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Sub-Bagian Hubungan Antar Lembaga Biro Humas Lemhannas RI Endah Heliana, S.Sos., M.Si.

Endah di awal paparannya mengatakan bahwa masih banyak terdapat ketidakefektifan yang dilakukan dalam menggunakan powerpoint dengan terlalu banyak menampilkan tulisan yang memuat seluruh materi presentasi. Pada dasarnya, jelas Endah Heliana, Powerpoint haruslah menampilkan slide presentasi yang lebih menarik, memberikan inspirasi dan visual story kepada audiens, memiliki alur sistematis, dan sederhana.

Endah Heliana menjelaskan bahwa terdapat beberapa pilar powerpoint yaitu konten harus sudah disiapkan sebelum dituangkan ke dalam power point. Pilar selanjutnya, powerpoint haruslah memuat visual yang bertujuan untuk memperkuat pesan verbal yang ingin disampaikan. “Powerpoint bukanlah merupakan bahan materi untuk kita baca dan mengabaikan audiens,” tutur Endah.

Endah juga menuturkan bahwa pesan visual yang terdapat pada powerpoint bertujuan untuk menyederhanakan penjelasan yang bersifat rumit. Selain itu, Endah juga menjelaskan bahwa dalam pembuatan konten powerpoint harus diketahui terlebih dahulu tujuan apa yang ingin dicapai dan juga jenis audiensnya.

Pelatihan tersebut diselenggarakan selama dua hari hingga 15 maret dan dihadiri oleh Kepala Biro Humas Brigjen TNI Mindarto dan seluruh peserta pelatihan.