Pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Hkakabo Razi dalam Rangka HUT ke-75 RI

“Kegiatan ekspedisi bangsa Indonesia sebenarnya sudah berlangsung lama sekali,“ ujar Tajar Bidang Geografi Mayjen TNI Asrobudi, S.I.P., M.Si. selaku Ketua Umum Ekspedisi Merah Putih, Jakarta (12/12). Pada bulan Juli-Agustus 2020, para pendaki yang terdiri dari Sofyan Arif, Nurhuda, Fandi Achmad, Putri Handayani, dan Fransisca Dimitri akan melakukan pendakian ke Gunung Hkakabo Razi 5881 MDPL di Myanmar yang diakui sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara. Target pendakian tersebut adalah mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Hkakabo Razi sebagai persembahan HUT Indonesia ke-75.

Gunung Hkakabo Razi dikenal dengan medan yang sangat lengkap dan berbahaya yakni mulai dari hutan hujan di kaki gunung sampai lapisan salju dan gletser pada ketinggian 4600 MDPL sampai ke puncak. Oleh sebab itu, para pendaki sudah mengikuti serangkaian pelatihan sejak bulan Juni 2019 dan ekspedisi akan dimulai pada Juli 2020. Persiapan disusun dengan matang yakni mulai survei, perizinan, pelatihan fisik dan penyesuaian iklim. Para pendaki juga mengikuti pelatihan di berbagai medan seperti latihan teknik pendakian gunung es dan salju di Mount Cook, New Zealand dan latihan menjelajah hutan tropis di Gunung Raung, Gunung Halimun, dan Gunung Gede.

“Sekarang ekspedisi adalah upaya pencapaian prestasi, baik atas nama perorangan, grup, bahkan atas nama bangsa dan negara,” lanjut Asrobudi. Lebih lanjut Asrobudi menjelaskan bahwa beberapa kegagalan oleh berbagai tim dari berbagai negara sudah pernah terjadi saat percobaan pendakian puncak Hkakabo Razi. Namun ada juga tim yang berhasil menginjakkan kaki di puncak Hkakabo Razi. Tim Ekspedisi Merah Putih berharap dapat menambah deretan tim yang berhasil mendaki sampai puncak Hkakabo Razi. “Hkakaborazi itu misteri yang harus dipecahkan, harus dibuktikan ketinggian pastinya, harus ditelusuri kesulitan jalur pendakiannya,” ujar Asrobudi.

Awalnya Ekspedisi Merah Putih direncanakan akan sampai di puncak gunung tepat pada 17 Agustus 2020, namun pada bulan Agustus Gunung Hkakabo Razi akan mengalami hujan lebat dan tanpa jeda. Oleh karena hal tersebut, maka rencana pendakian mengalami perubahan dan akan dimulai pada 17 Agustus 2020.

Tim Ekspedisi Merah Putih berharap bahwa tekad menggapai puncak Hkakabo Razi dan mengibarkan Bendera Merah Putih menjadi kebanggaan seluruh Bangsa Indonesia dalam menyejajarkan diri di dunia petualangan internasional. Selain hal tersebut, diharapkan Ekspedisi Merah Putih Hkakabo Razi juga dapat menjadi inspirasi dan pemicu semangat para generasi muda Indonesia dalam dharma bhakti sebagai pandu pertiwi, generasi muda Indonesia yang mencintai bangsa dan negaranya.

Ekspedisi Merah Putih juga bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme, cinta alam, dan profesionalisme dalam bidang petualangan dan pendakian puncak gunung. Selanjutnya juga bertujuan untuk menggalakkan kegiatan ekspedisi petualangan dan pendakian puncak gunung di dalam negeri mengingat kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Serta membangun dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam kegiatan petualangan di alam terbuka.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749