Tim Penulis Skenario 2045 Melakukan Uji Sahih dan Pelaporan Pada Gubernur Lemhannas RI

Setelah meluncurkan buku “Skenario Indonesia 2045” pada tahun 2016, kini tim penulis kembali melakukan pelaporan pada Gubernur Lemhannas RI bertempat di Ruang Krisna, Senin (7/10). Pelaporan tersebut bertujuan untuk menguji apakah skenario yang disusun pada 2015 dan diterbitkan pada 2016 masih sahih atau memerlukan perubahan sesuai dengan dinamika yang sedang terjadi di masyarakat.

“Ini adalah sebagai sosialisasi di dalam kelompok kerja mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kelompok kerja,” ujar Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Dalam kesempatan ini Agus juga berpesan bahwa hal yang paling mendasar adalah untuk menyamakan persepsi mengenai pengertian perencanaan skenario. “Harus dimengerti betul definisi operasional perencanaan skenario, terkadang kita hanya mendengar suatu istilah lalu memperjuangkan sendiri definisi harafiah,“ kata Agus.

“Skenario 2045 adalah apa yang mungkin terjadi di tahun 2045. Skenario 2045 bukan visi dan bukan pula rencana,” kata Tenaga Profesional Bidang Politik dan Sistem Manajemen Nasional Lemhannas RI Drs. Edijan Tanjung, M.Si. selaku moderator. Lebih lanjut Edijan menjelaskan bahwa aktor utama dalam skenario 2045 adalah birokrat, politikus, pelaku bisnis, pemuka masyarakat, dan akademisi yang dianggap mewakili sistem yang sedang bergerak dan menjadi narasumber dalam penyusunan skenario.

Selanjutnya Tenaga Profesional Bidang Ekonomi dan Strategi Lemhannas RI Dr. Panutan Sakti Sulendrakusuma, S.E., M.T., Akt., menjelaskan bahwa skenario 2045 yang disusun Lemhannas RI pada tahun 2013, pada tahun 2019 ini akan divalidasi apakah masih sahih atau memerlukan perubahan. “Kesempatan ini digunakan untuk melaporkan dan sekaligus ada diskusi mengenai tujuan daripada uji sahih tersebut,” ujar Panutan. Selanjutnya Panutan menjelaskan bahwa yang Lemhannas RI lakukan adalah skenario eksternal yaitu deskripsi mengenai berbagai kemungkinan di masa depan. Oleh karena itu kata kunci dalam skenario 2045 yang disusun Lemhannas RI adalah dapat terjadi.

Skenario Indonesia 2045 menjelaskan 4 skenario, skenario mata air yang menggambarkan perubahan generasi (X, Y dan Z), skenario sungai yang membahas kondisi ekonomi, skenario kepulauan mengenai geopolitik baik itu global, regional, dan nasional, serta skenario air terjun yang berorientasi pada lingkungan dengan penggunaan energi rendah karbon dalam pembangunan. Skenario ini dirancang dan digambarkan sebagai early warning dari berbagai kemungkinan terjadi di masa depan sehingga tujuan bangsa dapat tetap terwujud.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749