Euro Management Kunjungi Lemhannas RI

Euro Management lakukan kunjungan ke Lemhannas RI dan disambut oleh Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Sugeng Santoso di Ruang Airlangga, Gedung Astagatra, Lantai III, Lemhannas RI, Rabu (11/9). Kunjungan tersebut kemudian dilanjutkan dengan paparan mengenai tugas dan fungsi Lemhannas RI.

Sugeng menyampaikan bahwa Lemhannas RI memiliki visi untuk menjadi Lembaga yang berkualitas, kredibel, berkelas dunia (world class institution) dalam bidang ketahanan nasional. Sementara misi Lemhannas RI, jelas Sugeng, adalah mewujudkan kader pimpinan tingkat nasional melalui pendidikan, memberikan masukan pemerintah dalam pengambilan kebijakan melalui pengkajian strategis, dan mewujudkan komponen bangsa yang berkarakter kebangsaan melalui pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Sugeng berharap, para delegasi Euro Management yang akan diberangkatkan untuk menempuh studi ke luar negeri dapat lebih mengerti tentang peran dan fungsi Lemhannas RI. “Semoga setelah ini para peserta dapat mengenal tentang Lemhannas RI,” ujar Sugeng.

Sementara itu Direktur Euro Management Wahyu Sabdo Gautama, S.Si, MBA. menyampaikan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh Lemhannas RI. Wahyu juga menyebutkan bahwa delegasi Euro Management yang hadir di Lemhannas RI merupakan siswa yang akan dikirim ke berbagai negara untuk melanjutkan studi S1, S2, atau S3 ke luar negeri dan telah diberi pembekalan oleh Euro Management selama kurun waktu tertentu. Para siswa tersebut, jelas Wahyu, diharapkan dapat membangun Indonesia selepas menyelesaikan studi di luar negeri.

Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam, Geopolitik, dan Wawasan Nusantara Lemhannas RI Laksda TNI (Purn) Bambang Darjanto, S.H.,S.Pi., M.Se. menyampaikan dalam sharing session bahwa Indonesia adalah negara dengan posisi yang strategis karena berada di antara dua benua dan dua Samudra. Indonesia, jelas Bambang, juga adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam.

Indonesia saat ini, lanjut Bambang, sedang mengalami banyak perubahan yang disebabkan oleh perubahan dunia seperti adanya konflik Timur Tengah hingga perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Agar tidak terpengaruh dengan efek negatif dari perubahan dunia, generasi muda haruslah memiliki identitas yang kuat dengan berlandaskan nilai-nilai kebangsaan. 

Sharing session tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembahasan berbagai permasalahan regional, nasional, dan global dan juga foto bersama.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749