Perista Sosialisasikan Pentingnya Etika Berbusana dan Pergaulan

“Tema Etika Berbusana dan Pergaulan sengaja diangkat dalam kesempatan ini. Karena dalam pergaulan tidak bisa hanya mengandalkan kecantikan, gelar akademis, atau silsilah keluarga,” ujar Wakil Ketua Perista Lisa Wieko Syofyan membuka pertemuan rutin Persatuan Istri Anggota (Perista) Lemhannas RI beserta dengan karyawati Lemhannas RI bertempat di Ruang Dwi Warna Purwa Gedung Pancagatra Lemhannas RI. Pertemuan yang dilakukan setiap tiga bulan sekali tersebut kali ini mengangkat tema Etika Berbusana dan Pergaulan.

Menurut Lisa, cara berbusana dan bergaul sangat penting untuk diketahui karena secara tidak langsung mencerminkan kepribadian seseorang. Lisa juga menjelaskan bahwa melalui penampilan dan pembawaan diri yang tepat, setiap wanita akan mempunyai rasa percaya diri yang bisa menjadi kebanggaan bagi suami dan keluarga.

Pada kesempatan tersebut, hadir Pengurus Pusat PIA Ardhya Garini Urusan Usaha Seksi Ekonomi Devi Hari Mursanto sebagai narasumber. Selain menjadi Pengurus Pusat PIA Ardhya Garini, Devi juga berprofesi sebagai pengajar penataran istri dan suami di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara dan pengajar penataran istri suami di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara. Devi Hari Mursanto menjelaskan bahwa dalam etika pergaulan banyak yang harus dijaga seperti senyum saat bertemu orang, melakukan kontak mata saat berbicara, memberikan respek baik kepada orang yang lebih tua maupun yang lebih muda, memberikan salam saat mengangkat dan mengakhir telepon serta saat memasuki atau meninggalkan suatu tempat.

Lebih lanjut Devi juga menjelaskan bahwa harus bijaksana dalam menggunakan sosial media. “Bersosialmedialah dengan bijaksana, tidak dengan kata-kata yang bisa menimbulkan suatu masalah,” kata Devi. Selanjutnya Devi menjelaskan mengenai etika berpakaian yang baik, “Gunakan pakaian sesuai dengan acara,” imbau Devi. Menurut Devi, syarat utama dalam berpakaian adalah bersih, rapi, sopan, dan serasi. Dalam berpakaian juga harus menyesuaikan dengan waktu dan tampilan acara serta memperhatikan kelebihan dan kekurangan tubuh.



Hak cipta © 2019 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749