Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Anggota KADIN Indonesia Angkatan V


Setelah mengadakan 4 kali Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Lemhannas RI kembali mengadakan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Anggota Kadin Angkatan V. Sebanyak 102 anggota Kadin mengikuti kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan bertempat di Ruang Pancasila Gedung Trigatra Lemhannas RI, Senin (21/10).

Kegiatan tersebut diadakan selama 7 hari, yaitu mulai Senin (21/10) sampai Minggu (27/10) dengan metode ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok dan antarkelompok, pembinaan peserta, dan outbound. Materi yang diangkat adalah nilai-nilai kebangsaan yang berdasarkan pada empat konsensus dasar bangsa, wawasan nusantara, ketahanan nasional, kepemimpinan nasional, dan kewaspadaan nasional.

“Dalam membangun bangsa agar mampu bersaing dengan bangsa lain yang lebih maju guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, perlu dibangun kekuatan nasional yang dijiwai dan disemangati oleh kesadaran kebangsaan sebagai landasan moral pengabdian bagi Bangsa Indonesia,” ungkap Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan dalam sambutannya.

Wieko juga menegaskan bahwa tema “Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsesnsus Dasar Bangsa guna Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara” sangat tepat dan relevan bila dikaitkan dengan eksistensi, tugas, dan tanggung jawab peserta selaku anggota Kadin.

Selanjutnya, Wieko juga menyatakan bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah terciptanya pola pikir anggota Kadin yang komprehensif, integral dan holistik dengan berdasarkan nilai-nilai kebangsaan, terciptanya anggota Kadin yang bersikap antisipatif, kooperatif, dan sinergik terhadap kepentingan rakyat, terciptanya anggota Kadin yang berperan aktif dalam menyelesaikan masalah bangsa secara profesional dan proporsional, serta terbangunnya komitmen terhadap kelangsungan pembangunan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani menyampaikan bahwa Kadin menganggap pemantapan nilai-nilai kebangsaan sangat penting bagi anggota Kadin. “Semarak kebangsaan harus diaktualisasikan terhadap berbagai paham regional dan global sehingga semarak kebangsaan tidak hanya mampu mengukuhkan ketahanan nasional namun juga menjadi pendorong pada ketahanan regional dan internasional,” ujar Rosan.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749