Peserta PPRA 59 Studi Strategis ke Yogyakarta

Didampingi Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Karsiyanto, peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 59 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Yogyakarta, Senin (1/7) sampai Jumat (5/7). Tidak hanya Yogyakarta yang menjadi daerah tujuan, namun terdapat pula rombongan peserta PPRA 59 yang melakukan studi strategis ke Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Setibanya di Yogyakarta, rombongan mengunjungi Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian rombongan melanjutkan studi strategis dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta untuk menghadiri undangan jamuan makan malam Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pada kesempatan tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono X menjelaskan budaya dan aspek spiritual Keraton Yogyakarta.

Pada hari selanjutnya, peserta bertemu dengan Komandan Resor Militer 072 Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni, S.IP untuk mendapatkan tambahan gambaran tentang kondisi wilayah Yogyakarta dari berbagai aspek dalam perspektif ketahanan nasional. Selain mengunjungi Korem 072, rombongan juga berkunjung ke Markas Polisi Daerah Yogyakarta dan menerima paparan dari Kapolda Yogyakarta Irjen. Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. yang dilanjutkan dengan diskusi dan penyerahan cenderamata.

Pada hari ketiga, perserta PPRA 59 melakukan kunjungan ke Kantor Walikota D.I Yogyakarta dan menerima paparan dari Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, M.A. Selanjutnya, peserta meninggalkan Kantor Walikota Yogyakarta dan menuju Universitas Gadjah Mada (UGM). Peserta diterima oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaaan Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr. Prof. Djagal, yang merupakan Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI periode 2014-2017, menyambut baik kedatangan peserta dan menyampaikan paparan serta membuka kesempatan diskusi dengan peserta.

Keesokan harinya, rombongan melanjutkan studi strategis dengan mengunjungi Kantor Pemerintah Daerah Kulon Progo dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir. RM. Astungkoro, M.Hum. dan Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati. Pada kesempatan tersebut, Lemhannas RI menerima cenderamata berupa kain batik khas Kulon Progo. Studi strategis ditutup dengan mengunjungi PT. Angkasa Pura sekaligus  melihat Yogyakarta International Airport.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749