Lemhannas RI Selenggarakan Penataran Istri dan Suami Peserta PPSA 22

Menjelang berakhirnya penyelenggaraan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 22, Lemhannas RI menyelenggarakan penataran bagi istri dan suami Peserta PPSA 22. Berlangsung selama enam hari, dimulai pada Selasa (10/9) sampai Selasa (17/9), penataran istri dan suami Peserta PPSA 22 diikuti sebanyak 76 peserta dan bertempat langsung di Lemhannas RI. 

“Tujuan penataran ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan cakrawala pandang para istri suami sejalan dengan semakin berkembangnya wawasan dan pengetahuan serta cakrawala para peserta PPSA 22,” ujar Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam sambutannya pada Upacara Pembukaan Penataran Istri/Suami PPSA 22. Selain itu, penataran istri dan suami peserta PPSA 22 juga bertujuan untuk mempererat ikatan kekeluargaan antara suami dan istri peserta dan juga dengan personel Lemhannas RI. Dengan telah saling mengenal dan terbangunnya keakraban, diharapkan dapat tercipta persahabatan yang kondusif dan komunikatif di masa mendatang.

 

Menurut Agus, keberhasilan Peserta PPSA 22 dalam meniti karir dan mengemban tugas negara tidak mungkin terwujud tanpa adanya peran dari istri atau suami. Oleh karena itu, sudah sepatutnya keharmonisan terus dijaga melalui pemeliharaan dan penyesuaian wawasan, moral dan etika. “Melalui penataran ini hendaknya dapat dipahami makna moral dan etika kebangsaan yang selanjutnya dapat diimplementasikan dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindakan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Agus. 

Hakikat penataran adalah menyiapkan para pendamping agar lebih memantapkan peran dalam membantu istri dan suami, baik dalam hubungan kedinasan maupun kehidupan keluarga dan bermasyarakat. “Saya berharap materi-materi yang diberikan mampu membangkitkan kesadaran untuk memotivasi diri sebagai pendamping sekaligus sebagai agen-agen kebangsaan di lingkungan masing-masing” tutup Agus. 

Selama penataran, para istri dan suami Peserta PPSA 22 mendapatkan berbagai paparan materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar dan penceramah. Beberapa materi yang diperoleh istri dan suami Peserta PPSA 22 antara lain adalah Peran Perempuan dalam Pembangunan Nasional, Peran Istri/Suami dalam Menunjang Karir Suami/Istri, Membangun Komunikasi dalam Menciptakan Ketahanan, dan Pencegahan Bahaya Narkoba.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749