Lemhannas RI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Lemhannas RI menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Selasa (11/6), di Lapangan Tengah Lemhannas RI. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diikuti oleh seluruh anggota Lemhannas RI beserta peserta PPSA 22 dan PPRA 59.


Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Plt.Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)Republik Indonesia, Hariyono. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila diperingati untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara.


Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, masyarakat dapat berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.


Selain itu, dengan memperingatiHari Lahir Pancasila ini, diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Sebagai dasar negara, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan”dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan” sambung Hariyono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Agus.


Peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749