Gubernur Berikan Ceramah tentang Kepemimpinan di PPSA 22

Gubernur Lemhannas RI Letjen (Purn) Agus Widjojo memberikan ceramah kepada peserta PPSA 22, Senin (10/6), tentang kepemimpinan nasional dengan topik “Resume Implementasi Kepemimpinan Nasional” di Ruang Bhinneka Gedung Pancagatra Lantai 3. Menurutnya, kapasitas kepemimpinan tidak bisa dibentuk secara instan, melainkan sebuah proses panjang yang melibatkan proses kehidupan itu sendiri.


“Pemimpin tidak bisa dibentuk dalam waktu singkat” ujar Agus Widjojo dalam ceramahnya. Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa kepemimpinan dibentuk berdasarkan akumulasi pengalaman seumur hidup tergantung dari pemimpin dalam mengambil kekayaan dari pengalaman sepanjang hidup.


Kekayaan tersebut akan membentuk kematangan kepemimpinan. Kekayaan yang harus dimiliki oleh pemimpin salah satunya adalah pengetahuan yang akan menjadi bekal agar kepemimpinan jadi lebih paripurna. Tidak ada pemimpin yang melaksanakan fungsi kepemimpinannya tanpa adanya landasan pengetahuan, bahkan terkadangan perbedaan kualitas setiap pemimpin ditentukan oleh perbedaan fondasi pengetahuan.


Selain hal tersebut Agus juga menjelaskan nilai dan kualitas yang dimiliki pemimpin. Nilai, yang menjadi nilai kepribadian pemimpin, dapat menjadi salah satu yang menentukan bagaimana kekuasaan dipraktekkan atau dibatasi. Kepemimpinan yang digerakkan oleh nilai akan menjadikan nilai tersebut sebagai kekuatan pendorong terhadap suatu kepemimpinan yang berhasil. "Nilai dibentuk oleh pengalaman hidup seseorang yang menjadi keyakinan, juga memiliki pengaruh untuk menentukan tujuan seseorang", jelas Agus. Sedangkan kualitas yang diperlukan seorang pemimpin adalah kharismatis, stimulasi intelektual, pertimbangan dalam kemasan perseorangan, serta kepemimpinan transformasional.


Menutup ceramahnya Agus menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan tidak terpisahkan dari dan merupakan refleksi karakter dan kepribadian pemimpin, dengan mengintegrasikan ciri terbaik untuk menentukan gaya kepemimpinan yang paling tepat dengan situasi yang ada.



Hak cipta © 2019 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749