Cetak

Wagub Lemhannas dan PPRA 59 Lakukan SSLN ke Korea Selatan

Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan bersama rombongan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 59 Lemhannas RI melakukan studi strategis luar negeri (SSLN) ke Korea Selatan, Senin (22/4) hingga Jumat (26/4). Selain ke Korea Selatan, terdapat pula rombongan peserta PPRA 59 lainnya yang mengunjungi India, Jepang, dan Vietnam dalam rangka SSLN. Studi strategis luar negeri ini merupakan bagian dari aktivitas kegiatan pendidikan di PPRA, yang bertujuan untuk meningkatan pemahaman peserta tentang peran negara tujuan dalam lingkungan strategis atau geopolitik, sekaligus studi banding untuk memperoleh data, informasi, dan kondisi terkini negara tujuan tersebut yang digunakan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan. Berbeda dengan SSLN sebelumnya yang mengarahkan peserta untuk studi banding dan membuat hasil studi secara kolektif, SSLN tahun ini mengarahkan peserta untuk membuat hasil studi dan observasi di lapangan secara individu dengan sebelumnya telah menyusun proposal aspek atau objek apa saja yang akan ditelaah nantinya di negara tujuan SSLN sesuai dengan aspek dinamis pancagatra.



Rombongan yang mengunjungi Korea Selatan ini, sebelum bertolak ke institusi strategis di Korea Selatan terlebih dahulu mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Korea Selatan, Senin (22/4) untuk mendapatkan wawasan dan masukan negara tentang ujuan SSLN, sekaligus pendalaman diskusi terkait objek observasi yang akan diteliti peserta.

Pada hari selanjutnya rombongan peserta PPRA 59 berkunjung ke sejumlah institusi seperti Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Korean National Defense University, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), dan Korean Airspace Industries (KAI). Institusi-institusi tersebut dipilih karena mewakili 3 sektor yaitu sektor pemerintah, sektor akademik, dan sektor industri. Sektor industri menjadi salah satu destinasi studi banding karena adanya perusahaan industri strategis di Korea Selatan seperti DSME adalah sebuah perusahaan teknologi kelautan yang  bekerja sama dengan PT Penataran Angkatan Laut (PT PAL) dalam produksi kapal selam Nagapasa dan KAI adalah perusahaan industri dirgantara yang menjadlin kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan saat berkunjung ke KBRI Indonesia di Seoul, (22/4)

Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan
saat berkunjung ke KBRI Indonesia di Seoul, (22/4)

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Bapak Umar Hadi
saat menerima kunjungan rombongan peserta PPRA 59 di Seoul, Senin (22/4)

Wagub Lemhannas RI dgn Para Peserta Mancanegara dari Korean National Defense University sebelum mengikuti Diskusi Panel dg Peserta KNDU, Kamis (25/4) di Nonsan, Korea Selatan