Cetak

SMA Kristen IPEKA Sunter kunjungi Lemhannas RI

Rombongan siswa SMA Kristen IPEKA Sunter melakukan kunjungan ke Lemhannas RI untuk memperdalam wawasan kebangsaan, Senin (1/4). Kunjungan SMA Kristen IPEKA Sunter yang dipimpin oleh Ibu Suryani Tenggara tersebut dsambut oleh Kepala Bagian Protokoler dan Peliputan Lemhannas RI Kolonel Laut (P) Eddy Tarjono.

Dalam sambutannya, Suryani Tenggara menyebutkan bahwa tujuan dari membawa para siswa ke Lemhannas RI adalah untuk menambah dan memperdalam wawasan kebangsaan terutama dalam bidenag ideologi karena menurut Suryana, dalam materi pendidikan kewarganegaraan di sekolah haruslah ditambahkan dengan materi untuk memperdalam semangat nasionalisme di Lemhannas RI.

Eddy Tarjono dalam sambutannya menyebutkan bahwa kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan para siswa SMA Kristen IPEKA Sunter. Nantinya, jelas Eddy Tarjono, materi berkaitan dengan wawasan kebangsaan akan disampaikan olehTenaga Profesional Bidang Politik Dalam Negeri dan Hak Asasi Manusia Lemhannas RI, Kisnu haryo, S.H., M.A..

Kisnu haryo kemudian menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia yang terkait dengan kehidupan dan penghidupan negara dan bangsa Indonesia sendiri. Wawasan kebangsaan penting karena untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seluruh rakyat Indonesia harus terlebih dahulu mengenal Indonesia secara keseluruhan.

Selain itu, kisnu haryo juga menjelaskan bahwa terdapat 12 nilai yang harus selalu ditanamkan pada generasi muda yaitu nilai yang ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan atau demokrasi, keadilan, kemandirian, kemajemukan, kesatuan wilayah, toleransi, gotong-royong, nasionalisme, dan patriotisme. Nilai tersebut, jelas Kisnu Haryo, merupakan ciri-ciri dari bangsa Indonesia.

“Jika ingin menjadi bangsa Indonesia, maka 12 nilai tersebut haruslah ada di dalam pikiran, di dalam hati, di dalam langkah serta tindakan kita,” jelas Kisnu Haryo.

Diskusi tersebut kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan Pemberian cenderamata serta foto bersama.