Maktab Pertahanan Angkatan Tentera (MPAT) Malaysia Kunjungi Lemhannas RI

Perwakilan Maktab Pertahanan Angkatan Tentera (MPAT) Malaysia kunjungi Lemhannas RI sebagai bagian dari program pendidikan siswa-siswa MPAT angkatan ke-39 (2/4). Kunjungan diawali audiensi di antara delegasi MPAT yang dipimpin oleh Laksma Mohd Fadzil Kamal bin Mohd. Mohaldin dengan Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purn Agus Widjojo yang didampingi oleh Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI Brigjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., dan Kepala Biro Kerjasama Settama Lemhannas RI Laksma TNI Budi Setiawan, S.T.. Dalam delegasi disebutkan bahwa Lemhannas RI sangat menyambut kedatangan para delegasi sebagai upaya untuk penguatan kerjasama antar kedua instansi dan kedua negara.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara delegasi MPAT dengan perwakilan para peserta PPRA LIX di ruang Airlangga, Gedung Astagatra Lt. 3 Lemhannas RI. Diskusi dibuka oleh Kepala Biro Kerjasama dan dilanjutkan presentasi pengenalan lembaga oleh Kepala Biro Humas dengan moderator Kabag Kerma Luar Negeri Rokerma, Kolonel Lek Rujito D. Asmoro, Gdipl In DS., M.A., RCDS. Dalam kesempatan tersebut Sugeng menjelaskan mengenai sejarah berdirinya Lemhannas RI.

“Pada tahun 1960 situasi politik di Indonesia diwarnai oleh ekskalasi politik yang timbul akibat adanya ketidakpastian adanya pertaruangan antara ideologi liberal dan komunisme serta munculnya wacana untuk mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” kata Sugeng di hadapan para peserta. Setelah paparan, acara dilanjutkan dengan diskusi antara narasumber, peserta PPRA LIX dan MPAT angkatan 39. “Dengan diubahnya ‘pertahanan’ menjadi ‘katahanan’ mengubah aspek bidang yang lebih luas, tidak hanya menjadi aspek militer, tetapi seluruh unsur yang terkait dengan ketahanan suatu bangsa yang terangkum dalam Astagatra,” kata Sugeng.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749