Kasad Ingatkan tentang Ancaman Nyata bagi Bangsa Indonesia

kasad beri ceramah ppra ppsa 6juli2015 “Implikasi Teori Prinsip Populasi serta Teori Pergeseran Latar Belakang dan Lokasi Konflik Dunia mengakibatkan adanya percepatan laju jumlah penduduk, krisis energi, dan terbatasnya ketersediaan pangan yang menyebabkan pergeseran latar belakang dan lokasi konflik dunia ke ekuator,” ujar Kepala Staf TNI AD Jenderal Tri Gatot Nurmantyo saat memberikan pembekalan untuk peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIII dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX di Ruang Auditorium Gadjah Mada, Gd. Panca Gatra Lt. 3

Lemhannas RI, Senin (6/7).

Dalam paparannya yang berjudul “Kewaspadaan dalam Menghadapi Ancaman Nyata Bangsa Indonesia”, Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa tahun 2043 nanti jumlah penduduk dunia diprediksi mencapai 12,3 miliar jiwa. Pertambahan jumlah penduduk tersebut berbanding terbalik dengan kondisi ketersediaan pangan dan air sehingga memicu pencarian sumber energi pangan dan air ke daerah ekuator. Hal ini harus diwaspadai karena akan memicu terjadinya konflik di daerah ekuator, mengingat letak geografis Indonesia yang berada di wilayah ekuator.

Di samping itu, lanjut Gatot Nurmantyo, Proxy War juga menjadi ancaman serius yang harus diwaspadai oleh bangsa Indonesia. “Proxy War merupakan perang melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara,” ungkap Tri Gatot Nurmantyo.

Untuk menghadapi Proxy War, Indonesia perlu mengoptimalkan modal geografi, membentuk Indonesia sebagai negara agraris dan negara maritim, serta membangun kembali semangat gotong-royong yang menjadi benang merah kekuatan dan keberhasilan bangsa selama ini.

Acara yang ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab ini turut dihadiri oleh Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A., Wakil Gubernur Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI M. Nasir Majid, para Peserta PPRA LIII, para Peserta PPSA XX, serta para Pejabat Struktural Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749