Sosialisasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2015

Biro Perencanaan dan Keuangan Lemhannas RI menyelenggarakan sosialisasi terkait pelaksanaan anggaran tahun 2015 dengan mengundang narasumber dari Kementerian Keuangan RI di Ruang Dwi Warna Purna, Gedung Pancagatra Lt. 2 Lemhannas RI, pada Senin (6/7).

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh segenap personel Lemhannas ini membahas mengenai seluk beluk penganggaran di bidang pemerintahan, kesuksesan mengelola dan menyerap anggaran negara sesuai dengan peraturan yang berlaku, khususnya dalam mengimplementasikan bagan akun standar dan biaya perjalanan dinas.  “Adanya kesamaan pemahaman dan persepsi ini memungkinkan unit kerja Lemhannas dapat melaksanakan anggarannya sesuai dengan aturan yang berlaku guna percepatan tercapainya sasaran dan target yang telah ditetapkan“, ujar Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Lemhannas RI, Marsma TNI Yoyok Yekti Setyono dalam sambutannya.

Dra. Rina Robiati, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini menyatakan masalah dalam pelaksanaan anggaran biasanya terkait dengan penyerapan anggaran. Hal ini disebabkan karena kendala institusional, kendala struktural,  dan kendala kultur serta kebiasaan dalam pengelolaan anggaran.

Rina melanjutkan, strategi pelaksanaan anggaran yang efektif dan efisien harus dipersiapkan sejak tahun anggaran sebelumnya seperti persiapan untuk lelang pengadaan barang dan jasa untuk menghindari rendahnya penyerapan pada triwulan pertama. Selain itu, pejabat pengelola keuangan juga harus memahami prinsip-prinsip perjalanan dinas menurut PMK 113/ 2012 dan prinsip standar biaya masukan menurut PMK 57/2015 agar tidak menjadi temuan BPK.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749