Menko Polhukam Sampaikan Materi tentang Keamanan Nasional di Lemhannas RI

“Permasalahan keamanan nasional yang lintas sektor, lintas fungsi, lintas dimensi, sangat memerlukan koordinasi dan sinkronisasi yang efektif sekaligus memerlukan peran aktif berbagai pihak,” ujar Menko Polhukam RI Tedjo Edhy Purdijatno saat menghadiri acara diskusi panel dengan para peserta PPRA LIII Lemhannas RI di Ruang NKRI Gd. Panca Gatra Lt. 3 Lemhannas RI pada Senin (27/7).

Dalam paparannya yang berjudul “Kebijakan dan Strategi Keamanan Nasional Guna Terwujudnya NKRI yang Tangguh”, Tedjo Edhy Purdijatno menjelaskan bahwa sektor keamanan masih memiliki sejumlah problemantika terkait dengan konsepsi sistem keamanan nasional, terutama pembahasan RUU Kamnas yang berlarut-larut.

Di samping itu, diskursus keamanan nasional Indonesia menjadi bahan perdebatan publik yang cukup luas khususnya sejak MPR RI mengeluarkan Ketetapan No.VI/MPR/2000 dan No.VII/MPR/2000 yang memisahkan secara’hitam-putih’ antara fungsi pertahanan dengan fungsi keamanan, padahal spektrum keamanan sangat luas sehingga mencakup segala sendi kehidupan masyarakat.

Setelah menyampaikan paparan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan para peserta PPRA LIII.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749