Panglima TNI : Gotong Royong, Kearifan Lokal Yang Menguatkan Keutuhan Indonesia

Jenderal Gatot Nurmantyo kembali memberikan ceramah kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan XX (PPSA XX) sebagai Panglima TNI di Ruang Bhinneka Tunggal Ika, Lt. III Gd. Panca Gatra Lemhannas RI, Selasa (25/8) setelah sebulan sebelumnya beliau diundang menjadi narasumber ketika menjadi Kepala Staf Angkatan AD (KASAD). Kali ini, Panglima TNI memaparkan tentang "Kebijakan Strategis TNI dalam Menjaga Stabilitas Keamanan Nasional dan Kawasan".

Bagaimana stabilitas nasional Indonesia dan kawasan sekarang ini menurut Panglima TNI diwarnai oleh permasalahan ekonomi dunia, masalah Laut Tiongkok Selatan, Arab Spring, permasalahan di Melanesia, dan konflik perbatasan. Oleh sebab itu, Indonesia harus memiliki modal kuat untuk menjaga keutuhan NKRI.

Dalam ceramahnya Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa Indonesia memiliki modal secara geografi dan demografi. Secara geografis, Indonesia memiliki potensi kekayaan darat dan laut untuk menjadi negara agraris sekaligus negara maritim berlimpah. Sementara itu, secara demografis, Pancasila dan kearifan lokal adalah modal yang meneguhkannya. “Kalau kita lihat visi Presiden Republik Indonesia - terwujudnya Indonesia yang berpribadian, berlandaskan gotong-royong, itu sangat amat berbahaya bagi negara-negara lain. Karena apabila ini bisa terwujud, sangat luar biasa Indonesia”, ungkap Gatot.

Gotong-royong merupakan kearifan lokal yang harus dilestarikan karena dengan gotong-royong persatuan akan terjaga. Gatot Nurmantyo mengungkapkan, “Dan itu sudah dibuktikan oleh dua kerajaan besar (Sriwijaya dan Majapahit, red) bisa tidak hancur oleh serangan dari luar, tetapi hancur dari dalam sendiri”.

Ceramah ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan peserta PPSA XX. Turut hadir pula dalam mendengarkan ceramah ini Wakil Gubernur Lemhannas RI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Deputi Pendidikan Lemhannas RI Mayjen TNI Nasir Madjid, Direktur Operasi Pendidikan Lemhannas RI  Brigjen TNI Juwondo, dan Taji Bidang Ketahanan Nasional Marsda  Bonar H. Hutagaol, S.E.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749