Menteri Keuangan RI Berikan Pembekalan tentang Poros Maritim Dunia

fgd kemenkeu ppsa 29juli15

 

Posisi Indonesia yang strategis serta sumber daya alam yang melimpah menunjukkan tingginya potensi maritim Indonesia yang berupa potensi transportasi laut, sumber daya ikan, bioteknologi laut, wisata bahari, energi dan sumber daya mineral, serta sumber daya hayati laut. Demikian yang disampaikan oleh Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro saat menjadi narasumber dalam acara Focus Group Discussion Pra Seminar Nasional PPSA XX di Gd. Dwi Warna Purwa Lemhannas RI pada Rabu (29/7).

Dalam paparannya yang berjudul “Tantangan Kebijakan Fiskal dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, Bambang Brodjonegoro menjelaskan beberapa poin penting, diantaranya yaitu arah kebijakan fiskal dan dukungan fiskal pada sektor kemaritiman.

Seiring dengan kemajua zaman, tantangan pembangunan di masa depan akan dipengaruhi oleh faktor ekonomi global dan faktor domestik yang harus diwaspadai. Faktor ekonomi global antara lain berupa ketidakpastian perekonomian global, normalisasi kebijakan moneter di negara maju, serta implementasi Masyarakat Ekonomi Aseam (MEA) yang berdampak pada ketatnya kompetisi global. Sementara itu, faktor domestik berupa produktivitas rendah, kapasitas produksi terbatas, keterbatasan infrastruktur, dinamika ketenagakerjaan, kurangnya pengembangan teknologi dan inovasi, dan kesenjangan pendapatan antar kelompok dan daerah.

Dalam pengelolaan fiskal, ada enam hal yang menjadi tantangan yakni fiscal space yang terbatas, primary balance yang negatif, mandatory spending, penyerapan kurang optimal dan pola menumpuk, porsi subsidi yang masih besar, dan masih rentannya terhadap faktor eksternal.  Adapun strategi dukungan fiskal dalam sektor kemaritiman dan kelautan meliputi tiga hal yakni sisi pendapatan, sisi belanja, dan sisi pembiayaan.

Acara yang dimoderatori oleh Brigjen TNI A. Hafil F. ini turut dihadiri oleh Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose selaku Ketua Senat dann Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos selaku Ketua Seminar. Acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan para Peserta PPSA XX.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749