Jusuf Kalla Berikan Kuliah Umum Budaya Bahari kepada Peserta Pendidikan Lemhannas RI

JK kuliahumum 7sept15

 

“Oleh Lemhannas, saya diminta untuk berbicara tentang budaya bahari,” ujar Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat mengawali kuliah umum kepada para peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIII dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX di Gd. 2 Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Senin (7/9).

Jusuf Kalla mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara maritim dan bahari yang terluas di dunia. Selain Filipina dan Jepang, Indonesia menajdi salah satu dari tiga negara di dunia yang memiliki rangkaian pulau yang tergabung sebagai satu negara kesatuan. Selain itu, kondisi geografis Indonesia yang 60% wilayahnya terdiri dari lautan membuat potensi laut di Indonesia sangat besar.

Indonesia sebagai negara maritim dan negara bahari memerlukan strategi dan penanganan khusus, misalnya ranah transportasi laut yang harus ditingkatkan sarana dan prasarananya untuk mengurangi biaya logistik dan mengatasi permasalahan diversitas antarpulau. “Kita memaknai bahwa laut menyatukan kita, bukan memisahkan,” pungkas Jusuf Kalla.

Kebanggaan maritim dan bahari di masa lalu pada Era Kerajaan Majapahit dan pencapaian pelaut bugis yang berhasil mencapai Madagaskar menggunakan kapal pinisi, menurut Kalla, hendaknya menjadi harapan dan optimisme di masa mendatang.

Sementara itu, Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A. mengatakan bahwa Lemhannas RI tengah menyelenggarakan program pendidikan bagi calon pimpinan nasional di masa depan yakini PPRA LIII dan PPSA XX. PPRA LIII yang akan ditutup tanggal 29 Oktober 2015 ini diikuti oleh 117 peserta, 11 peserta di antaranya berasal dari negara sahabat seperti Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja, Timor Lesta, Aljazair, Sri Lanka, Zimbabwe, dan Papua New Guinea. Sementara PPSA XX diikuti oleh 80 orang peserta dan akan ditutup tanggal 5 November 2015 mendatang.

Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Sekretaris Dewan Pengarah Dr. Ir. Ardhi Partadinata, M.H., M.Si., Sekretaris Utama Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., Tenaga Pengajar, Tenaga Pengkaji, dan Tenaga Profesional turut hadir dalam acara kuliah umum tersebut.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749