Diskusi Lemhannas RI dengan CDSS Australia

Centre of Defense Strategis Studies  (CDSS) Australia mengadakan kunjungan ke Lemhannas RI pada hari Rabu (30/9) yang diterima oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A, M.B.A yang didampingi oleh Kepala Biro Humas Laksma TNI E. Estu Prabowo, M.Sc dan Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Kombes Pol Jabinson Purba di ruang tamu Gubernur.


Usai courtesy call, rombongan CDSS Australia dan para pejabat Lemhannas RI serta perwakilan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIII sebanyak 20 orang , mengadakan diskusi di Ruang Kresna Gd. Astagatra Lt.IV. Diskusi tersebut dibuka oleh Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr dan pihak CDSS Australia Michelle Ann Jones dilanjutkan dengan perkenalan secara personal antara semua orang yang hadir.


Paparan pertama dilakukan oleh pihak CDSS Australia oleh Captain Peter Bowers, RAN membahas mengenai The South China Sea : Common Interest and Opportunities for Co-operation yang mencakup lima hal yaitu menjelaskan tentang klaim China, mengatasi legalitas klaim, peranan kepemimpinan Indonesia di ASEAN, kesamaan kepentingan, dan kesempatan untuk bekerja sama.


Tingkat kerjasama militer untuk meningkatkan angkatan laut interoperabilitas dalam rangka mendukung kesamaan posisi Indonesia dan Australia untuk meningkatkan dukungan aplikasi yang tepat dari hukum internasional.


Selanjutnya, Lemhannas menyampaikan paparan mengenai Cyber Security : Towards Cyber Resilience (Strategy & Policy) oleh Kasubdit Regional Direktorat Pengkajian Internasional Deputi Bidang Pengakajian Strategi  Kolonel (AU) Dr. Ir. Rudy Agus Gemilang Gultom, M.Sc.

photo bersama


“Saat ini kita berada di situasi global yang terhubung dengan koneksi internet menunjukkan tantangan baru di ruang cyber sebagai domain global yang membagikan pengetahuan dengan melindungi dan pertahanan memiliki enam perangkat yaitu cybersecurity brainware, hardware, software, infrastructure, firmware, dan budgetware” ujar Rudy Gultom.


Selama diskusi, para peserta sangat antusias dalam menanggapi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai paparan yang disampaikan. Kemudian kunjungan CDSS ini ditutup dengan acara tukar-menukar plakat dan makan siang bersama.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749