Olah Sismenas XLII Simulasikan Koordinasi Lintas Sektoral dalam Ketahanan Nasional

“Melalui program Olah Sismenas diharapkan para peserta bisa mendalami dan mendapatkan pemahaman  tentang pelaksanaan prosedur perencanaan pembangunan serta sinergitas dalam pengintegrasian potensi melalui koordinasi antar instansi dalam proses pengambilan keputusan di tingkat nasional”, ungkap Wakil Gubernur Lemhannas RI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. dalam pembukaan kegiatan Olah Sistem Manajemen Nasional (Sismenas) ke-42 PPRA LIII di Ruang Konstitusi, Gd. Trigatra Lt. III, pada Selasa (6/10).

Pembukaan Sismenas 42

 

Sismenas merupakan kegiatan latihan dan simulasi bagi para peserta PPRA dengan melaksanakan role play sebagai aparatur negara yang bertanggung jawab dalam merumuskan kebijakan dan strategi penyelenggaraan pemerintah sesuai dengan sistem manajemen nasional. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para peserta PPRA LIII dapat memahami dan menerapkan apa yang telah didapatkan selama mengikuti berbagai rangkaian kegiatan pendidikan di Lemhannas RI.

Sismenas ke-42 kali ini mengangkat tema “Koordinasi Lintas Sektoral Aparatur Pemerintah dan Pemangku Kepentingan terkait dalam Sistem Ketahanan Nasional". Tema ini sesuai dengan visi dan misi kebijakan umum pembangunan nasional 2015-2019 yaitu salah satunya mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah dan menopang kemandirian ekonomi dengan menggunakan sumber daya maritim serta mencerminkan kebudayaan Indonesia sebagai negara kepulauan.

 Menurut Deputi Pendidikan Tingkat Nasional Mayjen TNI Nasir Majid, kegiatan Sismenas ini diikuti oleh 328 peserta yaitu 117 orang peserta PPRA LIII, 59 orang penyelenggara, 13 orang dan kementerian, dan 139 orang sebagai pendukung.

“Dalam Olah Sismenas ini, peserta PPRA LIII akan berperan sebagai pemerintah dari beberapa kementerian negara, DPR, dan Kedubes meliputi Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Panglima TNI, Mabes Polri, DPR RI, dan Duta Besar yang diperankan oleh peserta negara sahabat,” ujar Nasir Majid.



Hak cipta © 2019 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749