Penutupan Olah Sismennas (OS) XLII PPRA LIII

Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A dengan resmi menutup acara Olah Sismennas (OS) yang dilaksanakan oleh para peserta PPRA LIII selama empat hari dari tanggal 6 hingga 9 Oktober 2015 di Gd. Tri Gatra Lt.III yang dihadiri oleh para Deputi, Tenaga Ahli

dsc 5795

Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji, Tenaga Ahli Profesional, Para Pejabat Struktural serta para peserta PPRA LIII pada Jumat (9/10). 

Sesuai dengan tema OS XLII PPRA LIII, para peserta telah memperoleh pandangan dan wawasan tentang langkah-langkah koordinasi lintas diantara  instansi pemerintah, lembaga negara  yang terkait dengan permasalahan ketahanan nasional anatara lain terorisme, konflik sosial, pelanggaran perbatasan negara, dan bencana alam.

Budi Susilo Soepandji mengatakan bahwa dengan keberhasilan pelaksanaan OS dapat ditinjau dari empat aspek diantaranya kemampuan menganalisa dan mengantisipasi perkembangan situasi, menyesuaikan cara berpikir dan cara bertindak yang tepat, tingkat keterpaduan menganalisa perumusan kebijakan dan implementasi peran yang akan menghasilkan produk-produk strategis dan berkualitas, serta koordinasi dan kerja sama yang tepat dalam rangka partisipasi dalam mendidik bangsa dalam rangka ketahanan  nasional.

Sementara, Deputi Pendidikan Tingkat Nasional Mayjen TNI Nasir Majid menyampaikan dalam laporannya bahwa  kegiatan Sismenas ini diikuti oleh 328 peserta yaitu 117 orang peserta PPRA LIII, 59 orang penyelenggara, 13 orang dari kementerian, dan 139 orang sebagai pendukung telah terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan dan sasaran OS tersebut  khususnya dalam perumusan kebijakan secara terpadu berkenaan dengan ketahanan nasional dalam menunjang pembangunan nasional.

“Apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggara dan dapat memberikan masukan dalam kegiatan tersebut untuk mendukung peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam rangka menghadapi penyajian naskah dan penyelenggaran seminar yang merupakan puncak PPRA LIII”, ujar Budi Susilo Soepandji.

Penutupan OS XLII PPRA LIII diakhiri dengan penanggalan tanda Olah Sismennas.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749