Delegasi Capstone USA ke Lemhannas RI

Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepanji, D.E.A menyambut Delegasi Capstone USA yang didampingi oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A, Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr, Kepala Biro Humas Laksma TNI E. Estu Prabowo, M.Sc, dan Kepala Biro Kerja Sama Brigjen Ivan Ronald Pelealu S.E kemudian melakukan Courtesy Call (CC)  pada Senin (12/10).

Setelah melakukan CC, Delegasi Capstone USA tersebut melaksanakan pembahasan dan pengkajian terhadap isu-isu strategik baik dalam dan luar negeri yang berdampak pada ketahanan nasional Indonesia, khususnya terhadap lingkungan strategik di kawasan Indo-Pasifik.

US Air Force General (Ret.) Gregory S. Martin mengatakan bahwa untuk melihat kondisi saat ini dengan berbagai konflik dalam pertahanan yang terjadi dari 50 tahun yang lalu selalu ada perubahan. Kekuatan tentara harus lebih fokus dan menggunakan tanggung jawabnya sebagai perisai pertahanan suatu negara.

Menurut Tenaga Profesional Bidang Strategik dan Hubungan Internasional Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan mengatakan bahwa ada lima pilar mengenai poros maritim dunia yaitu menghasilkan budaya maritim, sebagai laporan hubungan kemaritiman, memperkuat hubungan diplomatik, membentuk kembali kekuatan pertahanan maritim, dan mendeklarasikan area maritim secara global.

Berbicara mengenai global maritim harus mengerti mengenai konsep serta ruang lingkup maritim. Di Indonesia memiliki ciri-ciri maritim dengan memahami empat pilar yang mengonsep tentang maritim yaitu natural resource yang di hgaris bawahi oleh Asia-Pasifik, Indonesia memiliki area maritim serta laut yang terbentang luas.

 a

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para Deputi, para Pejabat struktural Lemhannas RI serta peserta PPSA XX dan Peserts PPRA LIII di Ruang Airlangga Gd. Astagatra Lt.III Lemhannas RI.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749