Menyikapi Hegemoni Ekonomi AS dan Tiongkok

Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A, M.B.A membuka Round Table Discussion (RTD) mengenai strategi menyikapi hegemoni antara Amerika Serikat dan Tiongkok dalam rangka memperkokoh ketahanan nasional pada hari Selasa (27/10) di Ruang  Kresna Gd. Astagatra Lt IV Lemhannas RI yang dimoderatori oleh Tenaga Ahli Pengkajian Bidang Hubungan Internasional dan Diplomasi Lemhannas RI Marsda TNI Ir. Beng Tardjani.

AS dan Tiongkok merupakan  hegemoni yang memiliki pengaruh yang sangat  besar dari hubungan bilateral maupun dari hubungan regional dan global melalaui perkembangan geopolitik maupun ekonomi dan sosial serta  dalam dunia ekonomi, perdagangan, keuangan moneter global.  Dengan melihat peta global resiko global dari kedua hegemoni tersebut akan menjadi tantangan bagi bangsa sehingga dapat dijadikan sebagai peluang.

“Situasi konflik yang terjadi antara kedua hegemoni tersebut memiliki potensial apabila Indonesia menunjukkan kekuatannya (posisi strategis, potensi ekonomi yang jelas) dengan potensi dapat berperan aktif dalam pertemuan antara negara untuk menciptakan stabilitas dan kesejahteraan dalam mencapai ketahanan nasional”, jelas Sujatmiko.

Tidak  hanya terpaku terhadap AS-Tiongkok, ada potensi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dengan memaminkan peran yang positif diantaranya mengembangkan kerja sama khususnya dalam informasi dan teknologi, reserve manajemen, ASEAN harus menjelaskan masalah perbatasan, perlunya role engagement, serta tidak mempersulit persoalan yang terjadi. Dengan memperhatikan natural “Battle Space” balance maritime power, counter balancing interest, serta worst scenario.

Narasumber yang hadir dalam diskusi tersebut Pakar Ekonomi L. Anggito Abimanyu, Pengamat Intelejen Wawan Purwanto, dan Pakar Ekonomi Prof. J. Soedrajad Djiwandono, Ph.D, sebagai penanggap Duta Besar Dr. Sujatmiko, M.A, Pakar Hukum Laut Prof. Hasyim Djalal, Dosen Ilmu Ekonomi FEUI Dr. Thelisa Aulia Falianty, Direktur Anstra Ditjen Strategi Pertahanan Kementrian Pertahanan RI Marsma TNI Sofiudin, dan Tenaga Profesional Bidang Hubungan Internasional dan Diplomasi Lemhannas RI Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan serta penanggap floor.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749