Cetak

Peserta PPRA LIII dan PPSA XX Mengunjungi Istana Presiden

Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi) memberikan bekal kepada para peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LIII dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX Lemhannas RI tahun 2015 mengenai kompetisi negara dalam bidang perekonomian, Jakarta, Rabu (4/11) pagi di Istana Negara.

Dalam pembekalannya, Presiden Jokowi berpesan kepada para peserta program Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), bahwa kompetisi antar negara itu begitu sangat ketatnya. “Persaingan begitu juga gesekan dan benturan-benturan itu sangat kelihatan sekali,” kata Presiden Jokowi saat menerima peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPSA) LIII dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX Lemhannas, di Istana Negara, Sebagai bukti ketatnya persaingan dan terjadinya gesekan itu, Presiden Jokowi menunjuk sekarang ini sesuatu yang kecil di sebuah negara yang jauh dari Indonesia bisa berpengaruh ke Indonesia.

Sebelumnya Gubernur Lemhanas, Prof. Dr. Budi Susilo Soepandji, DEA melaporkan, PPSA 20 ini dilakukan selama 5,5 bulan, yang dimulai  pada 11 Mei, dan akan berakhir  pada Kamis (5/11) besok yang diikuti oleh 79 peserta yanhg merupkan pejabat eselon 1 dan 2 dilingkungan TNI dan Polri serta kementrian dan lembaga pemerintah/ non kementerian dan akademisi. Selain itu juga ada peserta yang berasal dari luar negeri sekita 11 peserta diantaranya Myanmar, Kamboja, Aljazair, Zimbabwe, dan Malaysia. Sementara jumlah alumni PPRA ke-53 sebanyak 117 yang terdiri dari pejabat pemerintah setingkat eselon II dan dari TNI/Polri, kementerian lembaga, ormas, partai politik, tokoh masyarakat dan 11 orang dari negara lain, yakni dari Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Srilanka, Timor Leste, Papua Nugini, Australia, Aljazair dan Zimbabwe.

Sejalan dengan program revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah, diharapkan para peserta harus dapat memanfaatkan pendidikan di Lemhannas RI sebagai sarana untuk melatih diri dalam rangka meningkatkan kualitas mental dan karakter sebagai pemimpin yang negarawan.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Seskab Pramono Anung, Wakil Gubernur Lemhannnas RI, Sekretaris Utama Lemhannas RI, Para Deputi, Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji, Tenaga Profesional dan Pejabat Struktural Lemhannas RI lainnya.