Cetak

Penandatanganan MoU antara Lemhannas RI dengan Institut Clingendael Belanda

Rabu (30/3), bertempat di Clingendael Institute, Den Haag, Belanda, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Lemhannas RI yang diwakili oleh Bapak Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M. dengan pihak Clingendael Institute Belanda yang diwakili oleh Mr. Ron Ton, selaku Direktur Institut Clingendael Belanda. Penandatangan MoU ini merupakan bagian dari program kegiatan kerjasama antara Lemhannas RI dengan NUFFIC Belanda dalam Proyek NICHE IDN 143.

  

Proyek NICHE IDN 143 ini bertujuan utk meningkatkan kapasitas Lemhannas (capacity building) dalam 5 aspek, yaitu: manajemen organisasi, pendidikan, penelitian, knowledge management dan manajemen proyek.  Khusus untuk kegiatan kursus singkat (short course) di  Clingendael Belanda, merupakan implementasi Proyek NICHE IDN 143 dalam rangka  peningkatan kapasitas penelitian atau pengkajian dalam rangka mendukung cita-cita Lemhannas RI menjadi salah satu institusi berkelas dunia (world class instuitution).

 

Dalam sambutannya, Mr. Ron Ton, Direktur Institut Clingendael, menyatakan bahwa sebenarnya kerjasama antara Lemhannas RI dengan Clingendael sejatinya telah berlangsung sejak 20 tahun yang lalu, sehingga penandatangan MoU ini sejatinya merupakan bentuk peneguhan komitmen kerja sama.

 

Implementasi peneguhan komitmen kerja sama ini dilakukan melalui kegiatan kursus singkat yang dibagi ke dalam 4 topik penelitian atau pengkajian, yaitu: yaitu: Corruption, Communal Conflict, Resources Conflict dan Terrorism. Kursus singkat ini dimulai dari tgl. 29 Maret sampai dengan 8 April 2016, terbagi ke dalam 4 tim (masing-masing tim terdiri dari 4 orang)

Sebelum acara penandatangan MoU, Delegasi Lemhannas RI yang dipimpin Wagub Lemhannas RI melakukan kegiatan courtessy call (CC) dengan Dubes RI di Belanda, Yang Mulia Bapak  I Gusti Wesaka Pudja, yang juga turut menyaksikan acara penandatanganan MoU bersama seluruh Delegasi Lemhannas RI dan para pejabat Institut Clingendael Belanda.