Cetak

Rapat Pimpinan Lemhannas RI Guna Menyamakan Langkah Tahun 2024

Lemhannas RI menyelenggarakan Rapat Pimpinan Tahun 2024 pada Senin (15/1), di Ruang Konstitusi, Gedung Trigatra Lantai 3, Lemhannas RI. Dipimpin langsung oleh Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah, kegiatan tersebut mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI Guna Mendukung Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024”.

Dalam sambutan pembukanya, Maman Firmansyah mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang telah hadir. Menurutnya, para narasumber sangat penting untuk bisa mencerahkan para personel Lemhannas RI. Terlebih lagi Lemhannas RI merupakan lembaga yang cukup dinamis dalam rotasi personel. “Kami sangat mengharapkan kehadiran para narasumber, kami sangat butuhkan,” ujarnya.

Selain itu, Maman Firmansyah mengimbau seluruh personel yang hadir untuk menyimak dan memahami paparan para narasumber. Pemahaman yang utuh nantinya dapat mendukung kinerja para personel Lemhannas RI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi Lemhannas RI.

Salah satu narasumber, Kepala Seksi Anggaran Bidang Pertahanan dan Keamanan IV, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI Ahmad Zainal Arifin menyampaikan bahwa nilai kinerja Lemhannas RI Tahun Anggaran 2023 mencapai 95,02 dengan kategori sangat baik. Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Zainal Arifin juga menyampaikan beberapa hal terkait Evaluasi Kinerja Anggaran T.A. 2023; Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran T.A. 2024; dan Persiapan Reviu Angka Dasar T.A. 2025.

Dalam Evaluasi Kinerja Anggaran T.A. 2023, dijelaskan bahwa Nilai Kinerja Anggaran Lemhannas RI memang sudah masuk dalam kategori Sangat Baik, tetapi masih perlu diperbaiki dalam menyusun RPD dan pelaksanaan anggarannya sehingga nilai konsistensi dapat maksimal. Nilai Kinerja Anggaran Lemhannas RI sejak T.A. 2018 sampai dengan T.A. 2023 cenderung meningkat, namun pada T.A. 2021 dan T.A. 2022 mengalami penurunan karena adanya pandemi Covid-19 yang kemudian mengalami perbaikan pada T.A. 2023.

Kemudian saat membahas Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran T.A. 2024 dijelaskan bahwa ada beberapa strategis yang dapat dilakukan. Pertama, meningkatkan kualitas belanja agar lebih efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Kedua, pencapaian sasaran dan target Prioritas Nasional mengingat T.A. 2024 merupakan akhir RPJMN. Ketiga, akselerasi transformasi ekonomi melalui penguatan fungsi alokasi pada bidang prioritas. Keempat, penguatan fungsi stabilisasi untuk menjaga daya beli masyarakat.

Selanjutnya ketika menjelaskan Persiapan Reviu Angka Dasar T.A. 2025 ditekankan beberapa hal yang harus disiapkan. Diantaranya adalah data dan alokasi anggaran untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) 2025; Kegiatan Prioritas Nasional T.A. 2024 beserta alokasi anggarannya yang akan berlanjut pada T.A. 2025; serta Data jumlah Aparatur Sipil Negara 2023 dan rencana pengadaan T.A. 2024 dan T.A. 2025.

Selain Kepala Seksi Anggaran Bidang Pertahanan dan Keamanan IV, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI Ahmad Zainal Arifin, turut hadir dua narasumber lain, yakni Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kementerian PAN RB Akhmad Hasmy, Ak. dan Direktur Pertahanan dan Keamanan Bappenas Erik Armundito, S.T., M.T., Ph.D.

Setelah menerima paparan dari narasumber yang hadir, rapat dilanjutkan dengan paparan tiap-tiap kepala unit kerja yang menyampaikan capaian kinerja pada tahun 2023 dan rancangan kinerja pada tahun 2024. Diharapkan melalui kegiatan tersebut diperoleh kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak seluruh personel di lingkungan Lemhannas RI dalam melaksanakan program kerja tahun 2024. (NA/BIA)