Cetak

Kebutuhan Taprof Perlu Disesuaikan Dinamika Lembaga

Mengawali tahun 2024, Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah selaku Koordinator Tenaga Profesional memberikan pengarahan kepada para Tenaga Profesional (Taprof) Lemhannas RI pada Selasa (16/1) di Ruang Nusantara, Gedung Trigatra Lantai 1, Lemhannas RI. 

Pada kesempatan tersebut, Maman Firmansyah menyampaikan evaluasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh Taprof Lemhannas RI yang telah mengabdi sepanjang tahun 2023. “Kami atas nama Lemhannas RI mengucapkan terima kasih kepada seluruh Taprof yang sudah mengabdi kepada Lemhannas RI dalam satu tahun ke belakang. Tentunya kami sangat terbantu atas kinerja bapak dan ibu sekalian,” ucapnya.

Menurut Maman Firmansyah, para Taprof sangat bersumbangsih dalam pengkayaan kinerja Lemhannas RI. Banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat dari kinerja para Taprof Lemhannas RI.

Pada tahun 2023, sebanyak 51 Taprof membantu Lemhannas RI dalam tugas dan fungsi yang diemban. Selanjutnya pada tahun 2024 direncanakan akan ada sebanyak 44 Taprof yang membantu tugas dan fungsi Lemhannas RI. Perubahan jumlah tersebut merupakan hasil pertimbangan dari dinamika dan isu yang menjadi fokus di Lemhannas RI pada tahun 2024. Penentuan 44 Taprof mempertimbangkan keahlian yang dimiliki dengan kebutuhan Lemhannas RI.

Lebih lanjut, Maman Firmansyah menyampaikan bahwa ke depannya mekanisme seleksi akan disusun dengan berdasarkan standar dan peraturan tertulis. Dalam standar tersebut akan tertuang kriteria dan ketentuan yang harus dipenuhi sebagai acuan proses pemilihan Taprof. 

Hal tersebut perlu dilakukan, mengingat tugas Taprof Lemhannas RI sangat penting, yakni mendukung tugas-tugas Lemhannas RI berdasarkan keahlian yang dimiliki terlebih dalam lingkup pendidikan, pengkajian, dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Pada kesempatan tersebut, turut diberikan piagam penghargaan yang diterima secara simbolis oleh Tenaga Profesional Bidang Ideologi Lemhannas RI Brigjen TNI (Purn) Dr. Paula Theresia E P U, S.Sos., M.M. Selanjutnya Tenaga Profesional Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) Dr. I Putu Sastra Wingarta, S.I.P., M.Sc. berkesempatan menyampaikan pesan dan kesan. 

“Pada kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan kepada kami selama tahun 2023 untuk bisa membantu Lemhannas RI sesuai dengan keahlian kami,” kata Putu Sastra Wingarta. Diharapkan kekurangan dan evaluasi dari tahun 2023 dapat dioptimalkan pada tahun 2024. (NA/BIA)