Cetak

Selenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Lemhannas RI Angkat Tema “Nabi Muhammad Pemimpin Penyejuk Hati Bagi Seluruh Umat

Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M dengan tema “Nabi Muhammad Pemimpin Penyejuk Hati Bagi Seluruh Umat” pada Kamis (12/10), di Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan personel Lemhannas RI serta pengurus perista Lemhannas RI. Dalam sambutannya, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan adalah untuk memperteguh keyakinan untuk bergerak bersama melakukan tugas-tugas di Lemhannas RI.

Perlu diketahui bersama, bahwa Lemhannas RI baru saja menyelesaikan salah satu tugas beratnya dalam melaksanakan pendidikan kepemimpinan nasional, dan terus berlanjut dengan tugas-tugas melakukan kajian strategis kepada presiden, pemantapan nilai-nilai kebangsaan serta pengukuran ketahanan nasional baik di tingkat pemerintahan maupun daerah. “Acara seperti ini penting untuk memperkuat keimanan kita, menyegarkan semangat kita untuk semakin pasti menatap langkah-langkah kedepan,” kata Andi Widjajanto.

Andi Widjajanto juga menghaturkan rasa hormatnya atas kehadiran Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Dr. K.H. Muhammad Cholil Nafis, LC., M.A., Ph.D. yang berkenan hadir untuk memberikan ceramah tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin besar dan pemimpin umat yang mampu menyebarkan misi-misi perdamaian bukan saja bagi umat muslim tapi bagi semua umat. Dirinya berharap personel Lemhannas RI yang hadir semakin mantap untuk bergerak melakukan tugas-tugasnya kepada bangsa dan negara.

Dalam ceramahnya, K.H. Muhammad Cholil menyampaikan ajaran Nabi Muhammad SAW dalam menjadi pemimpin dengan menanamkan kepercayaan kepada orang lain atau personal branding. Hal tersebut sejalan dengan gelar Nabi Muhammad SAW, yakni Al-Amin (dapat dipercaya).

“Saya pikir Lemhannas ini lah tempat untuk bisa memberikan nasehat, memberikan kepercayaan kepada masyarakat bagaimana ideologi untuk melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa ini,” kata K.H. Muhammad Cholil.

Lebih lanjut, K.H. Muhammad Cholil menyampaikan agar masyarakat bersyariah namun juga berakhlak, seperti menegakkan keadilan, membela, dan cinta NKRI. Cinta NKRI juga dapat dicontoh dari sikap Nabi Muhammad SAW yang mencintai kota Makkah sebagai tanah kelahirannya. Hal tersebut mencerminkan cinta tanah air yang merupakan bagian dari kewajiban beragama. Ia juga menegaskan kembali bahwa seorang pemimpin harus mendapatkan kepercayaan publik. Pemimpin yang baik juga harus bisa merasakan dan mendengar apa yang dirasakan rakyat serta selalu menyejahterakan rakyatnya.

Mengakhiri ceramahnya, K.H. Muhammad Cholil menyampaikan empat resep hidup bahagia dunia akhirat dari Nabi Muhammad SAW, yakni menyebarkan kedamaian dimanapun berada, memperbanyak teman dan menghindari banyak musuh, membiasakan berbagi dengan orang lain, serta sholat malam mendekatkan diri kepada Allah SWT saat orang-orang tidur. 

Dengan perayaan Maulid Nabi SAW tersebut, K.H. Muhammad Cholil berharap semua personel Lemhannas RI yang hadir mendapatkan berkah dari Nabi Muhammad SAW, bisa menjadi umat terbaik yang menyebarkan kebaikan kepada orang lain, mampu meneladani Nabi Muhammad SAW serta diberi petunjuk oleh Allah SWT ke jalan yang baik sehingga negara Indonesia menjadi negara yang sejahtera dan bahagia. Di akhir acara dilanjutkan dengan pemberian santunan anak yatim piatu bagi keluarga personel Lemhannas RI. (SP/BIA)