Provinsi Maluku Dipilih Menjadi Salah Satu Tujuan SSDN PPRA 64 Lemhannas RI

Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P. mendampingi Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 64 Lemhannas RI melakukan Studi Strategis Dalam Negeri PPRA 64 Lemhannas RI di Provinsi Maluku. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari, yaitu pada Senin, 4 Juli 2022 sampai dengan Jumat, 8 Juli 2022.

Kegiatan SSDN adalah metode pembelajaran dengan melakukan peninjauan langsung di daerah kepada pemerintahan, tokoh, dan para pemangku kepentingan lainnya, serta objek dan produk unggulan dari suatu provinsi di Indonesia. Dengan mengikuti SSDN, para Peserta PPRA 64 sebagai kader pimpinan tingkat nasional, diharapkan akan memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari NKRI, meningkatkan wawasan kebangsaan, dan mendapat gambaran tentang kondisi ketahanan nasional serta mengetahui lebih dekat tentang progres pembangunan nasional di Maluku.

Bertolaknya peserta PPRA 64 ke Maluku diharapkan akan menghasilkan perolehan data dan informasi yang objektif sesuai dengan penugasan dan selanjutnya dapat menganalisis dengan tepat tentang kondisi wilayah daerah provinsi Maluku. Selain memilih Maluku menjadi tujuan SSDN PPRA 64, tiga provinsi lainnya juga dipilih menjadi tujuan SSDN PPRA 64. Tiga provinsi tersebut adalah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Maluku, dan Provinsi Jawa Timur.

“Lemhannas RI memilih Provinsi Maluku dengan harapan bisa mengetahui tata kelola pemerintah daerah dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, sehingga para peserta memiliki pemikiran tentang tata kelola pemerintahan daerah dan kaitannya dengan ketahanan nasional,” kata Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI saat memberikan sambutan.

Selain didampingi Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI, rombongan juga didampingi oleh Tenaga Ahli Pengajar Bidang Kependudukan Lemhannas RI Irjen Pol Drs. Agus Sukamso, M.Si., Tenaga Pengajar Bidang Ideologi Lemhannas RI Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P., serta Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. Hukum dan HAM Lemhannas RI Brigjen Pol Drs. Lilik Arga Tjahjana, M.Si.

Dalam pelaksanaan selama lima hari, rombongan akan berdiskusi dengan beberapa pihak terkait kondisi di Maluku dan meninjau beberapa tempat. Diantaranya rombongan akan mengunjungi Kantor Pemprov Maluku, Kantor DPRD Maluku, Makodam XVI/Pattimura, Mapolda Maluku, Kantor Walikota Ambon, Pertamina Maluku, Universitas Pattimura, Museum Maluku, dan meninjau UKM masyarakat Maluku di Galeri Dekranasda Maluku. (NA/CHP)



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749