Peserta PPRA 64 Bertolak ke Jawa Timur Guna Melaksanakan SSDN

Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. mendampingi kelompok Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 64 Lemhannas RI di Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 4 Juli sampai Jumat, 8 Juli 2022. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para Peserta PPRA 64 akan memperoleh data dan informasi objektif sesuai dengan penugasan dan selanjutnya dapat menganalisis dengan tepat kondisi wilayah yang menjadi tujuan SSDN.

SSDN PPRA 64 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Provinsi Maluku dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

Kegiatan SSDN adalah metode pembelajaran dengan melakukan peninjauan langsung ke daerah ke pemerintahan, tokoh, dan para pemangku kepentingan lainnya, serta objek dan produk unggulan dari suatu provinsi di Indonesia. Para peserta sebagai kader pimpinan tingkat nasional diharapkan akan memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari NKRI, meningkatkan wawasan kebangsaan, dan mendapat gambaran tentang kondisi ketahanan nasional serta mengetahui lebih dekat tentang progres pembangunan nasional di daerah yang dikunjungi, dalam hal ini adalah Jawa Timur.

SSDN PPRA 64 bertujuan untuk membekali para Peserta PPRA Lemhannas RI berupa suatu pengalaman meneliti secara langsung terhadap berbagai persoalan di daerah melalui kunjungan studi, audiensi, dan diskusi bersama para narasumber, sesuai topik permasalahan yang dipilih. Selain itu, SSDN PPRA 64 juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Peserta PPRA 64 Lemhannas RI selaku kader dan pimpinan tingkat nasional yang senantiasa berpikir komprehensif, holistik, dan integratif.

Adapun tempat yang dikunjungi oleh rombongan adalah Kantor Gubernur Jawa Timur dan diterima oleh Plt. Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Jatim Kusnadi yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Makodam V/Brawijaya, Mapolda Jawa Timur, Markas Komando Armada II, Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Kantor Walikota Surabaya, Lanud Muljono Surabaya, Kantor BPS Provinsi Jawa Timur, Universitas Airlangga, PT. PAL Indonesia dan susur Sungai Kali Mas.

Turut mendampingi Peserta PPRA 64 Lemhannas RI melakukan SSDN di Provinsi Jawa Timur, yakni Tenaga Ahli Pengajar Bidang Strategi Lemhannas RI Mayjen TNI Dr. Kup Yanto Setiono, M.A., Tenaga Profesional Bidang Sosial Budaya Lemhannas RI Tantri Relatami, M.I.Kom., beserta staf Lemhannas RI. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749