Gubernur Lemhannas RI: Jadi Penyaring Kerawanan dan Ancaman, Wawasan Kebangsaan Harus Diperkuat

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menjadi narasumber dalam Talkshow Wawasan Kebangsaan di TVRI Kalimantan Selatan pada Selasa, 10 Mei 2022. Talkshow tersebut merupakan salah satu sarana sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Roy Rizali Anwar, S.T., M.T. dan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa survei menunjukkan pada dasarnya masyarakat menginginkan agar 4 Konsensus Dasar Bangsa selalu dijadikan patokan dasar untuk melakukan praktek kenegaraan. “Di atas 80% menginginkan agar Empat Konsensus Dasar Bangsa itu dilanjutkan, benar-benar dijadikan patokan dasar untuk kita melakukan praktik kenegaraan. Namun, kita tidak boleh lengah karena memang ada kerawanan-kerawanan internal dan sumber-sumber ancaman eksternal yang bisa melemahkan konsensus dasar tersebut,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Salah satu kerawanan yang terjadi adalah disrupsi teknologi. Gubernur Lemhannas RI berpendapat bahwa teknologi seperti pisau, bisa menjadi alat bantu di dapur tetapi ditangan orang yang salah bisa dijadikan senjata yang berbahaya. Misalnya smartphone yang jika digunakan untuk mengakses portal pengetahuan maka akan berdampak positif, tetapi jika digunakan sebagai sarana penyebaran berita bohong maka akan berdampak negatif. Oleh karena itu, hal tersebut tergantung pada bagaimana masyarakat menyikapi suatu hal.

“Wawasan kebangsaan harus diperkuat, karena itu yang akan menjadi penyaring dan filter bagi kita. Kita Indonesia sangat beruntung karena kita memiliki Pancasila yang diakui dunia sebagai nilai-nilai yang sangat lengkap, yang berasal bukan hanya dari penggalian intisari kearifan lokal yang ada di bumi nusantara, tapi juga dari perkembangan pemikiran-pemikiran sosial, politik, dan ekonomi utama di dunia,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Terkait hal tersebut, Lemhannas RI yang salah satu fungsinya melakukan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan berupaya melalui berbagai cara. Salah satunya melalui Talkshow Wawasan Kebangsaan di TVRI Kalimantan Selatan dan Dialog Wawasan Kebangsaan di Provinsi Kalimantan Selatan yang akan dimulai pada Rabu, 11 Mei 2022. “Fungsi yang diberikan kepada kami oleh Presiden untuk secara rutin melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan ke berbagai elemen komunitas masyarakat di seluruh Indonesia,” pungkas Gubernur Lemhannas RI.

Keberangkatan Gubernur Lemhannas RI ke Provinsi Kalimantan Selatan juga merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan Dialog Wawasan Kebangsaan di Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan pada Rabu, 11 Mei 2022 sampai Jumat 13 Mei 2022 bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kalimantan Selatan.



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749