Cetak

Lemhannas RI Selenggarakan Dialog Wawasan Kebangsaan di Provinsi Kalimantan Selatan

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto didampingi oleh Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc. dan sejumlah personel Lemhannas RI bertolak ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Keberangkatan tersebut dalam rangka penyelenggaraan Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan Lemhannas RI Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Mengangkat tema “Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa Guna Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Rabu, 11 Mei 2022 hingga Jumat, 13 Mei 2022 bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Birokrat, TNI/Polri, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kemahasiswaan, dan Pemuda di Provinsi Kalimantan Selatan.

Menyoroti kerawanan dewasa kini, Lemhannas RI terus berupaya menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan salah satunya melalui program kegiatan Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat dengan menitikberatkan pada generasi muda.

Melalui penyelenggaraan Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan, diharapkan generasi muda mendapat pencerahan dan pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa sehingga dapat menggugah, menumbuhkan, dan menguatkan rasa semangat kebangsaan serta jati diri bangsa. Selain itu, masyarakat diharapkan mampu merawat dan mengelola kebhinnekaan, meningkatkan kerukunan dan cinta tanah air, meningkatkan kepedulian sosial, dan melestarikan budaya dan kearifan lokal dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan serta memperkokoh NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami wawasan kebangsaan dan nilai-nilai yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa dalam rangka membangun karakter kebangsaan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengembangkan sikap dan perilaku positif serta karakter kebangsaan pada diri sendiri dan dalam mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan di lingkungan masing-masing untuk memajukan peradaban dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (NA/CHP)