Cetak

Gubernur Lemhannas RI Melantik Pengurus Nasional Senam Tera Indonesia

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto melantik Pengurus Nasional Senam Tera Indonesia (STI) Masa Bakti 2021-2026 bertempat di Auditorium Gajah Mada pada Senin, 18 April 2022. Kepengurusan tersebut terdiri dari Ketua Umum STI oleh Letjen TNI Marinir (Purn) Dr. H. Nono Sampono, M.Si, Ketua Harian STI oleh Dra. Hj. Juniwati T. Masjchun Sofwan, Sekretaris Umum oleh Jetty Sri Roosmijati, S.Psi. M.M., Wakil Sekretaris Umum oleh Poerwandari Ratanty, S. Kom., Bendahara Umum oleh Edith Bambang S. Rachmadi, Wakil Bendahara Umum oleh Hj. Tavina Pahlawani, S.E., dan berbagai bidang guna mendukung kelancaran organisasi.

Kepengurusan tersebut mengangkat jargon “Satukan Visi dan Misi Senam Tera Indonesia, Wujudkan Desain Besar Olahraga Nasional” serta “Pembauran dan Peningkatan Budaya Olahraga di Masyarakat untuk Ketahanan Bangsa”.

Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur Lemhannas RI memaparkan hubungan antara Lemhannas RI dengan STI. Lemhannas RI memiliki tiga fungsi utama, yakni fungsi pendidikan, fungsi pengkajian, dan fungsi pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Dalam fungsi pendidikan, Gubernur Lemhannas RI memandang STI sudah terlibat dalam fungsi pendidikan karena menjadi salah satu olahraga bersama untuk peserta. Namun, hal tersebut dinilai masih bersifat individual, belum bersifat organisasi. Oleh karena itu, Gubernur Lemhannas RI merasa alangkah baiknya jika hubungan tersebut bisa semakin diperkuat.

Pada fungsi pengkajian, seperti diketahui kajian Lemhannas RI penggunanya bersifat tunggal, yakni Presiden. Terkait hal tersebut, Gubernur Lemhannas RI berpesan jika STI memiliki gagasan untuk dikaji maka dapat dilakukan bersama-sama dengan Lemhannas RI. “Kalau dari Ibu dan Bapak memiliki gagasan bagaimana olahraga atau budaya olahraga dikembangkan menjadi kebijakan pada level nasional yang diterapkan secara terpusat sampai ke daerah, mari kita buat kajiannya bersama-sama,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Dalam fungsi pemantapan nilai-nilai kebangsaan, Lemhannas RI memiliki fungsi melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada komunitas-komunitas di daerah-daerah. Gubernur Lemhannas RI menyambut baik jika ingin dilakukan kerja sama antara kedua institusi. “Silahkan jika ingin dilakukan kerja sama sehingga nanti wawasan kebangsaan ide dari kebugaran senam tera bisa kita perkuat,” tutur Gubernur Lemhannas RI.

Gubernur Lemhannas RI berharap keberadaan Lemhannas RI dan STI dapat membawa Indonesia semakin kuat menuju Indonesia 2045. “Semoga interaksi Senam Tera Indonesia dengan Lemhannas RI bisa semakin kokoh untuk mendukung menuju Indonesia yang lebih sehat, lebih bugar, dan lebih bahagia di tahun 2045,” pungkas Gubernur Lemhannas RI. (NA/CHP)