Cetak

Gubernur Lemhannas RI Kunjungi Media Group

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto mengunjungi Media Group pada Jumat, 18 Maret 2022. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI didampingi oleh Direktur Sosialisasi dan Media Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksma TNI Ir. Christianto Purnawan, Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr(Han), Kepala Biro Hubungan Masyarakat Brigjen TNI A.Yudi Hartono, S.Sos. M.M., M.Han.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Presiden Direktur Metro TV Don Bosco Selamun yang didampingi News Director & Editor in Chief Metro TV Arief Suditomo, Director of Sales Marketing at Metro TV Meniek Andini, Deputi News Director Metro TV Nunung Setiyani, Kepala Divisi Pemberitaan Media Indonesia Teguh Nirwahyudi, Deputi Direktur Pengembangan Bisnis Media Indonesia F. Saiful Bachri, dan Pemimpin Redaksi Medcom.id Indra Maulana.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan beberapa arahan Presiden, salah satunya adalah untuk melakukan transformasi Lemhannas RI. “Kami sedang melakukan transformasi, kami sedang melakukan comparative study,” ujar Gubernur Lemhannas RI. Studi tersebut dengan melihat sistem pendidikan militer dan penyelenggaraan program eksekutif di berbagai negara.

“Salah satu yang saya butuhkan dari Media Group itu kalau nanti kami mengirimkan beberapa pengkaji dan juga peserta untuk belajar dari best practice,” kata Gubernur Lemhannas RI. Menurut Gubernur Lemhannas RI, merupakan suatu hal yang baik jika Lemhannas RI dapat belajar ke Media Group mengenai bagaimana satu korporasi mengelola pesan. Hasil belajar tersebut akan dikaji dan direncanakan akan disampaikan ke pemerintah, Kominfo, dan para Humas.

“Kami tidak ragu untuk melihat ke yang lain, belajar dari yang lain agar bisa saling sharing. Sehingga kita tidak tertinggal,” tutur Gubernur Lemhannas RI. Gubernur Lemhannas RI juga berharap Lemhannas RI dan Media Group dapat bekerja sama, namun bukan hanya dalam lingkup peliputan, tetapi juga dalam lingkup pemecahan masalah.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan bahwa Lemhannas RI dan Media Group sudah menandatangani nota kesepahaman pada tahun 2015. Pihak Media Group menyambut baik hal tersebut dan dengan senang hati jika dapat melanjutkan kerja sama. Lebih lanjut, pihak Media Group menyampaikan ingin membuat nota kesepahaman yang lebih detail lagi. “Kami ingin membuat payung (nota kesepahaman sebelumnya) ada turunannya,” kata pihak Media Group.

Pihak Media Group juga menyambut baik niatan Gubernur Lemhannas RI yang menginginkan adanya peserta dan tenaga pengkaji yang belajar ke Media Group. Hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan baik. Sejalan dengan hal tersebut, pihak Media Group merasa para personel Media Group juga perlu mendapatkan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dan penyegaran mengenai wawasan kebangsaan. “Sebetulnya ini dibutuhkan oleh institusi semacam kami ini. Kita merasa harus ada semacam kelompok di tempat ini yang intinya mereka adalah orang yang berpikir lebih besar,” kata Presiden Direktur Metro TV.

Gubernur menjelaskan bahwa Lemhannas RI memang melakukan tugas tersebut melalui fungsi Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. Melalui fungsi tersebut Lemhannas RI dapat merancang kegiatan yang ditujukan kepada komunitas tertentu sehingga tepat sasaran, misalnya ditujukan untuk peserta dari kalangan media. (NA/CHP)