Cetak

Wakil Gubernur Lemhannas RI Terima Audiensi Hiapolo Institut

Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan mewakili Gubernur Lemhannas RI menerima audiensi dari Hiapolo Institut (Hiapolo Filantropi Indonesia) pada Selasa (28/12). Rombongan Hiapolo dipimpin langsung oleh Direktur Hiapolo Institut Siti Aminah yang didampingi oleh Dewan Penasihat Hiapolo Institut Muhammad Ibrahim, Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Penelitian Hiapolo Institut Fahrudin, Sekretaris Bidang Kajian Kemasyarakatan Hiapolo Institut Ali, dan Wakil Sekretaris Bidang Pemberdayaan Perempuan Hiapolo Institut Hardiyanti.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Hiapolo Institut menjelaskan bahwa Hiapolo Institut merupakan lembaga yang berfokus pada kajian sosial, politik, dan demokrasi. Selain itu, Hiapolo Institut juga melakukan kegiatan kemanusiaan, pelatihan, dan pendidikan, serta mendiskusikan kajian-kajian isu terkini. “Misi daripada lembaga kami lebih cenderung kepada kajian-kajian isu kontemporer, isu-isu terkini dan terlibat langsung lebih cenderung kepada edukasi, penelitian, pengabdian,” kata Direktur Hiapolo.

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan Hiapolo adalah menyelenggarakan refleksi peringatan Hari Sumpah Pemuda (28 Oktober) dan Hari Pahlawan (10 November) pada tanggal 13 November 2021. Pada kegiatan tersebut, Hiapolo Institut bekerja sama dengan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) memberikan apresiasi kepada 50 tokoh pemuda berprestasi di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, kedatangan Hiapolo Institut ke Lemhannas RI bertujuan untuk berdiskusi atas hal-hal yang dapat dikerjasamakan antara kedua lembaga dalam bidang pelatihan, penelitian, dan pengabdian. “Kami berinisiasi dan lembaga Hiapollo Institut sangat berharap untuk melakukan kerja sama, menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan ini kepada kalangan anak muda, itulah kehadiran kami untuk melakukan audiensi dan meminta kerja sama,” kata Direktur Hiapolo.

Hiapolo Institute berharap ada kerja sama yang dapat dilakukan dengan Lemhannas RI seperti kerja sama pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan baik bagi anggota Hiapolo Institut, maupun masyarakat luas yang tersebar di berbagai daerah. Dalam waktu dekat Hiapolo Institut juga merencanakan Workshop Nasional tentang Pemuda Indonesia. Target peserta kegiatan tersebut adalah mengundang organisasi-organisasi nasional se-Indonesia dan keterwakilan beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang ada di Indonesia untuk melakukan Workshop Nasional Pemuda Indonesia. Kegiatan tersebut direncanakan diselenggarakan pada 5 Februari 2022.

            Wakil Gubernur Lemhannas RI menyampaikan menyambut baik kehadiran dari Hiapolo Institut. Lebih lanjut, Wakil Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa Lemhannas RI memiliki tiga tugas pokok, yakni melaksanakan pendidikan bagi para calon kader pimpinan tingkat nasional, melaksanakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan, dan elakukan pengkajian yang hasilnya disampaikan kepada presiden.

            Kemudian Wakil Gubernur Lemhannas RI mengarahkan niat kerja sama untuk dikoordinasikan lebih lanjut dengan Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI sesuai dengan bidang yang akan dikerjasamakan. “Lemhannas RI banyak mengadakan kerja sama, kami tentunya akan mempelajari lebih jauh kira-kira hal-hal apa yang memungkinkan untuk dilaksanakan,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Lemhannas RI didampingi oleh Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Laksma TNI Sri Widodo, S.T., CHRMP, dan Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han.