Cetak

KORPRI Lemhannas RI Gelar Seminar Motivasi “Menggali Potensi, Menyatukan Visi, Membangun Negeri”

Dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Dewan Pengurus KORPRI Lemhannas RI menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Seminar Motivasi bagi personel Lemhannas RI. Seminar Motivasi tersebut dilaksanakan secara hybrid dengan mengangkat tema “Menggali Potensi, Menyatukan Visi, Membangun Negeri” pada Rabu (8/12).

Ketua Dewan Pengurus KORPRI Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Seminar Motivasi tersebut bertujuan untuk menggali potensi diri pada masing-masing personel Lemhannas RI sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan guna meningkatkan kinerja personel Lemhannas RI dalam mencapai visi Lemhannas RI dan membangun NKRI. Hadir dalam Seminar Motivasi tersebut seorang Professional Coach, yakni Sugiarti Rosbak selaku narasumber.

“Peran ASN menjadi penting karena menjadi ujung tombak dari implementasi setiap kebijakan publik untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan saat membacakan sambutan Gubernur Lemhannas RI.

Lemhannas RI merupakan salah satu lembaga negara yang memiliki tugas untuk menjaga ketahanan nasional yang tangguh dalam rangka mewujudkan dan menyukseskan pembangunan nasional. Namun, hal strategis tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya para personel dari Lemhannas RI yang berkompeten, profesional, dan memiliki integritas yang tinggi. Oleh karena itu, guna mendukung terwujudnya personel Lemhannas RI yang berkompeten, profesional, dan memiliki integritas yang tinggi, diselenggarakan Seminar Motivasi bertemakan “Menggali Potensi, Menyatukan Visi, Membangun Negeri”.

 “Saya selaku pejabat pembina kepegawaian di lingkungan Lemhannas RI berharap setiap pegawai dapat membangkitkan dan meningkatkan semangat dalam bekerja,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI. Wakil Gubernur Lemhannas RI juga berharap dengan adanya semangat yang tinggi, akan dapat menghadirkan ide-ide baru dalam rangka mencapai visi Lemhannas RI untuk mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh dan mewujudkan cita-cita bangsa.

Professional Coach Sugiarti Rosbak, selaku narasumber, menyampaikan bahwa setiap manusia mempunyai potensi. Merujuk pada KBBI, Sugiarti menyampaikan bahwa potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan, kesanggupan, daya. “Kita mampu, masalahnya mau atau tidak?” kata Sugiarti.

Lebih lanjut, Sugiarti menjelaskan teori Johari Windows mengenai empat potensi manusia. Pertama, yakni potensi seseorang yang diketahui oleh diri sendiri dan orang lain. Kedua, yaitu potensi yang diketahui oleh orang lain, tetapi diri sendiri tidak menyadari potensi tersebut. Ketiga, yakni potensi yang disadari diri sendiri, tetapi tidak diketahui orang lain. Keempat, yaitu potensi yang tidak diketahui oleh diri sendiri dan orang lain. Potensi keempat tersebut bisa ditemukan melalui sebuah tes dan penggalian diri.

Kemudian Sugiarti menyampaikan bahwa setelah menemukan potensi dalam diri, hal yang harus dilakukan adalah berinovasi, melakukan penggalian, dan berinisiatif. Sugiarti menekankan bahwa potensi yang terus diinovasi, digali, dan dijalankan dengan inisiatif akan mendukung pembangunan negara. “Setiap orang memiliki potensi diri untuk berkembang. Temukan dan manfaatkan untuk bertumbuh,” tutup Sugiarti.