Cetak

Merancang Lemhannas RI sebagai Pembina Ketahanan Nasional Par Excellence

“Skenario Lemhannas ini merupakan pendalaman dari Skenario Indonesia Menuju 2035 yang sebelumnya dibuat oleh Lemhannas dan telah diluncurkan pada Desember 2020,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Hal tersebut disampaikan Gubernur Lemhannas RI dalam Sosialisasi Skenario Lemhannas RI Tahun 2022-2026 tentang “Lemhannas Sebagai Pembina Ketahanan Nasional Par Excellence, Mungkinkah?” pada Kamis (4/11).

Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa tidak mudah bagi Lemhannas RI untuk menghadapi berbagai macam ketidakpastian di masa depan tanpa dibekali pengetahuan dari sebuah skenario. Oleh karena itu, dalam Skenario Lemhannas RI Tahun 2022-2026 tergambar sebuah ilustrasi yang memaparkan gambaran masa depan dengan berbagai wahana disrupsi dan tantangan bagi Lemhannas RI. “Skenario itu adalah sebuah proses terstruktur untuk mengembangkan alternatif dan narasi yang beralasan tentang masa depan untuk membantu memperkuat strategi,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Dalam fokus skenario tersebut, Lemhannas RI ditempatkan pada posisi selaku pembina ketahanan nasional yang handal dan dituntut agar mampu berada pada garda terdepan dalam mengantarkan dan menuntun masa depan ketahanan nasional yang menjamin kelangsungan hidup bangsa. “Skenario yang berisikan penguatan peran kelembagaan bagi peningkatan ketahanan nasional ini senantiasa berlandaskan pada orientasi pemikiran masa depan dan berbagai dinamika yang bakal dihadapi dipetakan di dalam wadah skenario ini,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Hal yang menjadi urgensi bagi Lemhannas RI membuat skenario tahun 2022-2026 adalah untuk mengantisipasi langkah strategis ke depan yang disusun secara terencana dan terukur dalam menghadapi hal-hal yang sifatnya tidak terduga dan irreguler yang datang secara tiba-tiba serta mengganggu dan mengancam ketahanan nasional. Dengan adanya skenario tersebut, Lemhannas RI dapat mempersiapkan diri sejak dini untuk bisa berpikir dan memiliki rasa kepekaan terhadap dinamika lingkungan strategis eksternal maupun internal secara lebih cermat. “Sehingga peran Lemhannas RI akan tetap relefan serta mengetahui langkah-langkah Lemhannas RI dalam menjawab berbagai bentuk kompleksitas secara tepat sasaran,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pengkajian Ideologi dan Politik Lemhannas RI Drs. Berlian Helmy, M.Ec., Tenaga Profesional Bidang Ekonomi Lemhannas RI Ending Fadjar, S.E., M.A., Tenaga Profesional Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas RI Marsda TNI (Purn) Baskoro Alrianto, M.Sc., Tenaga Profesional Bidang Geografi dan Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Drs. Sukendra Martha, M.Sc., Mapp.Sc. memaparkan lebih dalam terkait Skenario Lemhannas RI Tahun 2022-2026.