Gubernur Lemhannas RI: Setiap Elemen Bangsa Harus Berupaya untuk Merawat Nilai-Nilai Kebangsaan

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo memberikan pembekalan pada kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan kepada Pimpinan dan Manajemen PT. Summarecon Agung TBK. pada Senin (1/11). Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa setiap elemen bangsa perlu memiliki kemampuan membaca perkembangan lingkungan. Setiap elemen bangsa juga harus membangun komunikasi satu sama lain, tidak mudah percaya kepada suatu informasi sebelum melakukan pemeriksaan fakta, serta meningkatkan profesionalitas dan potensi diri dalam fungsi dan peran dalam pekerjaan.

Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa dit engah derasnya arus informasi saat ini, setiap elemen bangsa harus memiliki kompetensi dalam mencegah berita bohong serta mengetahui mana yang berita benar dan mana yang berita bohong. “Hal itu menuntut upaya dan usaha, mulai dari usaha tingkat perseorangan sampai nanti kebijakan oleh lembaga atau institusi fungsional yang ada pada pemerintah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa pada tingkat perseorangan, setiap individu harus mampu melakukan pengecekan atas informasi yang didapat. Pengecekan dapat dilakukan dengan mencari informasi terkait hal tersebut dari sumber yang berbeda. Selanjutnya, setiap individu juga harus dapat menilai sumber informasi. Apakah sumber tersebut memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik atau malah sebaliknya. Kemudian, setiap individu juga harus mulai membangun kemampuan literasi digital dan literasi teknologi. “Kita harus bangun literasi digital dan literasi teknologi pada diri kita, sehingga kita tidak bergantung kepada orang yang mungkin bisa merekayasa,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Pada tingkat lembaga, Gubernur Lemhannas RI berpendapat bahwa ada lembaga-lembaga negara yang memiliki peran, kewenangan, dan fungsi untuk merespon suatu informasi apakah benar atau tidak. “Negara perlu hadir untuk memberikan lingkungan yang bersih (dari berita bohong) dan memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa sudah ada upaya-upaya penyaringan,” tutur Gubernur Lemhannas RI.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menerima pertanyaan dari salah satu peserta terkait cara merawat nilai-nilai kebangsaan di dalam kebhinnekaan di tengah pandemi Covid-19. Menjawab pertanyaan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa merawat nilai-nilai kebangsaan tidak dapat diserahkan kepada satu institusi, melainkan harus dikerjakan secara bersama-sama. “Merawat kebangsaan itu adalah kepentingan bangsa, sehingga setiap elemen bangsa memang harus melakukan upaya untuk merawat nilai-nilai kebangsaan tersebut,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Menurut Gubernur Lemhannas RI, merawat nilai-nilai kebangsaan harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa agar terus tercermin secara konsisten dalam setiap bidang. “Harus merupakan suatu upaya yang all out dari seluruh fungsi pemerintahan dan elemen-elemen yang melingkupi objek atau subjek yang diberikan wawasan kebangsaan tersebut,” pungkas Gubernur Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749