Lemhannas RI Sukses Selenggarakan Jakarta Geopolitical Forum V/2021

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo secara resmi menutup Jakarta Geopolitical Forum V/2021 (JGF V/2021) pada Jumat, 22 Oktober 2021. “Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta rasa terima kasih yang tulus kepada semua pembicara, pembahas, serta moderator,” kata Agus. Lebih lanjut Agus menyampaikan kekagumannya atas isi presentasi seluruh pembicara dan pembahas. Menurut Agus, JGF V/2021 yang dilaksanakan selama dua hari bisa memberikan pelajaran bagi semua yang hadir.

“Oleh karena itu, sangat tepat waktunya bagi saya untuk berharap bahwa para peserta semua akan memperoleh pencerahan baru atau ide-ide baru dan untuk itu sangat tepat bagi saya untuk menyampaikan rasa penghargaan kepada Anda semua,” kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan dua poin catatan. Pertama, Agus menegaskan bahwa jika berpikir tentang peradaban, tidak harus berpikir tentang hal-hal yang besar pada tingkat makro. Kedua, manusia memiliki pilihan antara identitas positif dan identitas negatif, jadi manusia harus membuat pilihan mana identitas yang akan diadopsi dan mana yang akan ditinggalkan. “Jadi kita harus membuat pilihan yang mana yang akan kita adopsi dan mana yang akan kita tinggalkan,” ujar Agus.

Mengakhiri penutupannya, Agus mengingatkan bahwa salah satu tujuan dari JGF V/2021 adalah untuk memfasilitasi pertukaran ide antara pakar dan ahli sains. Oleh karena itu, harus diingat bahwa hasil dari JGF V/2021 akan dituangkan ke dalam rekomendasi kebijakan dan ini bukan merupakan hasil akhir tapi hanya awal untuk memicu diskusi-diskusi lebih lanjut sebagai tujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749