Sejumlah Peserta PPRA 62 Lakukan Studi Strategis Dalam Negeri ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Plt. Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., mendampingi 20 peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 Tahun 2021 Lemhannas RI melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Studi tersebut dilaksanakan mulai Senin, 5 April 2021 hingga Kamis, 8 April 2021. Turut serta dalam studi tersebut Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Hukum dan HAM Lemhannas RI Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ideologi Lemhannas RI Marsda TNI Agus Radar Sucahyo, dan Direktur Program Pengembangan Pendidikan Lemhannas RI Brigjen TNI Abdurrahman, S.A.A., M.Tr. (Han).

Tema yang diangkat dalam SSDN ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah “Tata Kelola Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Aspek Pancagatra di Tengah Penanganan Covid-19”. Tujuan diselenggarakannya SSDN adalah untuk membekali para peserta PPRA 62 Lemhannas RI dengan suatu pengalaman meneliti secara langsung terhadap berbagai persoalan di daerah melalui kunjungan studi, audiensi, dan diskusi sesuai topik permasalahan yang dipilih. Peserta diharapkan dapat memiliki cakrawala berpikir yang komprehensif, holistik, dan integratif mengenai kondisi objektif suatu daerah yang merupakan bagian integral dari NKRI. Selama 4 hari melakukan SSDN, rombongan akan berkunjung dan melakukan audiensi dengan berbagai pihak.

Sesampainya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rombongan disambut oleh pihak Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Kemudian rombongan melanjutkan studi dengan mendatangi kantor Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan diterima oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. Drs. Naziarto, S.H., M.H. Selanjutnya rombongan mengunjungi Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Herman Suhadi, S.Sos. Setelah berkunjung ke Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan diterima oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat yang didampingi oleh Wakil Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Drs. Umardhani, M.Si.

Kemudian, SSDN hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan ke Komando Resor Militer (Korem 045 Garuda Jaya) dan disambut Komandan Korem 045 l Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E., dan perwakilan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) H.AS. Hanandjoeddin. Selanjutnya rombongan bertolak ke Kantor Pemerintah Kota Pangkal Pinang dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Negeri Bangka Belitung (UBB).

Pada hari ketiga rombongan melanjutkan SSDN dengan berkunjung ke area lokasi reklamasi timah PT Timah di Air Jangkang dan kantor PT Timah di Pangkal Pinang. Tidak hanya berhenti di situ, rombongan melanjutkan SSDN dengan mengunjungi UMKM Binaan PT Timah (Tins) Gallery. Kemudian pada hari terakhir peserta melakukan pencarian data tambahan sesuai penugasan masing-masing.

“Keberadaan Lembaga Ketahanan Nasional RI sejak awal berdirinya pada tahun 1965 hingga saat ini merupakan lembaga yang secara konsisten telah mengabdikan dirinya pada tujuan dan cita-cita bangsa,” kata Plt. Sestama Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. Lebih lanjut Reni menyampaikan bahwa tugas pokok, fungsi, dan peran yang diemban Lemhannas RI mencakup tugas sebagai lembaga pendidikan bagi kader pimpinan tingkat nasional, penyelenggara pemantapan nilai-nilai kebangsaan, dan melakukan pengkajian strategis terhadap berbagai permasalahan bangsa dalam lingkup nasional, regional maupun internasional yang selanjutnya dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan kepada presiden. 

Dalam konteks pendidikan, Lemhannas RI membantu presiden dalam hal menyiapkan dan memantapkan kader-kader pimpinan tingkat nasional yang berpikir secara komprehensif, integral, holistik, dan profesional memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, negarawan, berwawasan nusantara serta memiliki cakrawala pandang yang universal. “Meskipun keadaan negara saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19, akan tetapi Lemhannas RI selaku lembaga pendidikan pimpinan tingkat nasional terus mengupayakan agar berbagai dampak yang terjadi akibat pandemi Covid-19 dapat disiasati,” ujar Reni. Upaya terus dilakukan sehingga pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi terselenggaranya program pendidikan reguler yang akan menciptakan kader-kader pimpinan tingkat nasional di masa depan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui SSDN, yang merupakan salah satu program kegiatan yang dirancang untuk memberi kesempatan kepada para peserta dalam mempelajari, memahami, dan mengkaji potensi daerah dan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah ditinjau dari aspek pancagatra, yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam dalam sudut pandang ketahanan nasional. “Lemhannas RI memilih provinsi ini dengan harapan bisa mengetahui tata kelola pemerintahan daerah dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi,” tutur Reni. Diharapkan para peserta dapat memiliki pemikiran tentang tata kelola pemerintahan daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan kaitannya dengan ketahanan nasional.

Mengakhiri sambutannya, Reni menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada instansi dan jajaran terkait atas dukungannya terhadap penyelenggaraan SSDN PPRA 62 Lemhannas RI Tahun 2021 ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749