Politik Identitas, Tantangan Demokrasi Indonesia

Direktorat Pengkajian Ideologi dan Politik Kedeputian Pengkajian Strategik Lemhannas RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) kajian strategik jangka panjang dengan judul “Pengaruh Politik Identitas terhadap Demokrasi di Indonesia”, pada Rabu (03/03).

“Kehidupan bangsa Indonesia menghadapi tantangan, salah satunya adalah merebaknya politik identitas,” kata Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. Politik identitas yang merebak adalah adanya sikap yang mengedepankan golongan atau simbol tertentu guna mendapatkan pengaruh politik.

Reni menyampaikan bahwa pada dasarnya politik identitas merupakan suatu dinamika di dalam demokrasi karena aspirasi politik terlembaga ke dalam kelompok-kelompok baik partai politik maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terafiliasi terhadap identitas tertentu. Namun, hendaknya identitas yang dibawa ke dalam politik tersebut diperankan secara beretika dan bermoral serta tidak melampaui batas yang dapat merenggangkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Fenomena ini merupakan tantangan yang dihadapi dan perlu dicari solusinya, agar keran demokrasi yang ada dapat dipergunakan dengan sesuai koridor hukum di Indonesia,” kata Reni.

Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan kajian strategik jangka panjang tentang Pengaruh Politik Identitas terhadap Demokrasi di Indonesia. Diharapkan kegiatan tersebut dapat menjawab alasan politik identitas masih terjadi di era demokrasi, faktor yang mempengaruhi terjadinya politik identitas dalam demokrasi di Indonesia, peranan aktor dan sistem politik Indonesia dalam mengelola fenomena politik identitas, dan solusi mengatasi politik identitas dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip demokrasi di Indonesia.

Guna menghasilkan kajian yang masukan, konsep, dan pemikiran yang tepat, dihadirkan dalam kegiatan tersebut beberapa narasumber, yakni Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Drs. Bahtiar, M.Si., Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia, S.Si., M.T., Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI Prof. Dr. Lili Romli, M.Si., Managing Director of Paramadina Public Policy Institute (PPPI) Ahmad Khoirul Umam, Ph.D.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749